LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONTEKSTUAL MEMBANTU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Sulastri Sulastri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

lembar kerja peserta didik; kontekstual; hasil belajar

Abstract

LKPD berbasis kontekstual merupakan salah satu perangkat pembelajaran berupa halaman yang memuat kegiatan siswa yang dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata agar siswa dapat membiasakan penerapan materi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan LKPD. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI TPMIB SMK TKM Teknik Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan observasi. Perbandingan deskriptif digunakan dalam teknik analisis data. Berdasarkan hasil belajar siklus I terlihat bahwa rata-rata meningkat dari pra siklus 57,78 dengan ketuntasan 28% menjadi 59,58 dengan ketuntasan 31% pada siklus I, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 66,80 dengan ketuntasan 53 % meningkat menjadi 71,67 pada siklus III dengan ketuntasan 72%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TPMIB SMK TKM Teknik Purworejo

Published

2023-02-28