PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI

Authors

  • Heni Pratiwi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, SMP Negeri 2 Yogyakarta

Keywords:

media pembelajaran, animasi, Powtoon, workshop, kompetensi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru masih menjadi pusat pembelajaran, kurang dapat memanfaatkan sarana prasarana sekolah sehungga pembelajaran belum variatif. Selain itu, dari hasil supervisi terdapat permasalahan kompetensi guru dalam kegiatan belajar mengajar belum menggunakan media pembelajaran yang variatif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran berbasis animasi menggunakan Powtoon melalui workshop dan mewujudkan tercapainya students wellbeing peserta didik. Aplikasi Powtoon yang digunakan adalah pembuatan video animasi, fitur rekam layar (screen and cam recording), dan unggah video ke Youtube. Subjek penelitian ini adalah guru SMP Negeri 2 Yogyakarta sejumlah 43 orang. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari 2 siklus dengan metode analisis data kualitatif deskriptif presentase. Instrumen penelitian menggunakan angket dan lembar observasi. Hasil siklus I, kompetensi guru dalam pembuatan animasi sebesar 70,24% termasuk kategori Cukup, pencapaian students wellbeing sebesar 72,37% kategori Baik, namun guru yang sudah mengembangkan media pembelajaran baru 41,67% dan dalam kategori Kurang. Lalu pada Siklus II dilakukan strategi pendampingan tutor teman sejawat. Dari data siklus II, kompetensi guru dalam pembuatan animasi Powtoon sebesar 98,02% termasuk kategori Sangat Baik, pencapaian students wellbeing sebesar 90,26% kategori Sangat Baik, dan hasil produk sudah mencapai 100% kategori Sangat Baik. Dari hasil tersebut telah menunjukkan adanya peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi

Published

2023-03-18