MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN WHATSAPP GROUP DI MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI SUPERVISI KLINISDI SD NEGERI WIJIMULYO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Agnes Kristini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Priyono Priyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Endang Yunarti Farida Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Supervisi Klinis, Kemampuan Guru, Pembelajaran menggunakan WhatsApp group

Abstract

Guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi serta sulitnya membangkitkan semangat belajar bagi siswa, kegiatan pembelajaran dengan penugasan menggunakan daring melalui WhatsApp grup masih belum maksimal, belum efektif pelaksanaannya selama pembelajaran berlangsung di SD Negeri Wijimulyo Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 Tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan whatsaap group di masa pandemi covid 19 di SD Negeri Wijimulyo Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui supervisi klinis.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian guru di SD Negeri Wijimulyo berjumlah sembilan orang. Data penelitian diperoleh melalui observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil setiap siklus dianalisis kemudian dijadikan bahan acuan tindakan berikutnya. Teknis analisis menggunakan analisis deskriptif prosentase. Tingkat keberhasilan kemampuan guru apabila prosentase guru yang memiliki nilai kemampuan melaksanakan pembelajaran menggunakan whatsApp Grup kategori baik telah mencapai 80%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan guru SD Negeri Wijimulyo adalah dari 9 guru subyek penelitian, 2 orang guru (16,67%) memperoleh nilai 91,43 (amat baik), 7 orang guru (83,33%) memperoleh kategori baik, dan tidak ada satupun guru (0%) yang memperoleh kategori cukup.pada siklus I sebesar 78,10 (cukup) dan siklus II sebesar 87,14 (baik). Supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru Dalam pembelajaran Dimasa Pandemi Covid 19 menggunakan whatsApp grup di SD Negeri Wijimulyo dalam pelaksanaan pembelajaran.

Published

2023-05-06