PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN SIDOMULYO

Authors

  • Agus Wiji Utami Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

PjBL, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Berdasarkan angket evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebesar 89,29% siswa kelas VI menyatakan sudah bosan dengan PJJ. Hasil belajar pada materi rangkaian listrik juga masih rendah. Ketuntasan baru mencapai 67,86% dari KKM sebesar 73. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Sidomulyo pada materi rangkaian listrik dengan menerapkan Project Based Learning. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi, serta analisis data kualitatif deskriptif persentase. Langkah-langkah pembelajaran dengan model PjBL: 1) pertanyaan mendasar, 2) mendesain perencanaan produk, 3) menyusun jadwal pembuatan, 4) memonitoring keaktifan dan perkembangan proyek, 5) menguji hasil, dan 6) evaluasi pengalaman belajar. Hasil yang dicapai yaitu adanya peningkatan pada aspek motivasi dan hasil belajar. Motivasi belajar meningkat sebesar 82,15%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa peserta didik menyukai dan semangat belajar ketika menerapkan model pembelajaran PjBL. Sedangkan untuk hasil belajar juga mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan mencapai 92,86%.

Published

2023-05-06