PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELEJITKAN PRESTASI

Authors

  • Arum Wijiastuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, kebutuhan murid

Abstract

Setiap murid memliki kodrat alam masing- masing yang berbeda antara satu denagn lainnya. Sebagai orang dewasa yang menemani mereka bertumbuh sudah seharusnya kita menghamba pada murid kita, memberikan pemenuhan sesuai dengan kebutuhan murid agar mereka dapat menggali prestasi dengan cara yang mereka senangi. Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Kebutuhan murid mencakup tiga aspek yaitu kesiapan belajar, minat murid, dan profil belajar. Pembelajaran berdiferensiasi juga mencakup dalam diferensiasi proses dan diferensiasi produk. Pembelajarn berdiferensiasi dapat memaksimalkan potensi peserta didik, karena peserta didik belajar berdasarkan apa yang disukai dan menjadi minatnya. Berdasarkan observasi dan wawancara dalam mengamati penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan prestasi karena setiap anak semakin paham potensi apa yang mereka miliki, sehingga mereka dapat memaksimalkan potensi. Pembelajaran Berdiferensiasi dapat berhasil diterapkan jika guru sudah paham mengenai analisis kebutuhan murid, mampu menyiapkan konten yang bervariasi sesuai kebutuhan murid, proses pembelajaran yang variatiatif dan dapat memfasilitasi murid mencipta produk pembelajaran sesuai minat.

Published

2023-05-06