PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY PADA MATA PELAJARAN INDUSTRI LAUNDRY DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Authors

  • DWI NASTITI Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

model, pembelajaran, teaching factory, industri laundry

Abstract

Model pembelajaran teaching factory merupakan model pembelajaran berbasis produksi/jasa yang mengacu pada standar dan metode operasional yang berlaku di industri serta dilaksanakan dalam suasana industri. Tujuan prenelitian di SMK Negeri 6 Yogyakarta antara lain mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran teaching factory pada mata pelajaran industri laundry, (2) hasil yang dicapai pada penerapan model pembelajaran teaching factory pada mata pelajaran industri laundry, (3) kendala yang dihadapi pada penerapan model pembelajaran teaching factory pada mata pelajaran industri laundry, (4) solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi pada penerapan model pembelajaran teaching factory pada mata pelajaran industri laundry. Metode penelitian yang digunakan kualitatif, Subyek penelitian adalah kelas IX kompetensi keahlian perhotelan SMK Negeri 6 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran teaching factory pada mata pelajaran industri laundry dapat berjalan baik meskipun belum sesuai harapan. Kendala yang dihadapi antara lain kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya kepercayaan masyarakat, ketergantungan pada permintaan konsumen, motivasi peserta didik yang rendah. Solusi yang diambil adalah penhgajuan bantuan bahan modal, quality control, kerjasama antar siswa, system bagi hasil

Published

2023-05-06