MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HANDYCRAFT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 KEBUMEN

Authors

  • Hestriana Pradipra Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Ekstrakurikuler, Handycraft

Abstract

Kurikulum merdeka menekankan peserta didik untuk memiliki karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilainilai Pancasila. Ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal yang dilakukan di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler handycraft dapat meningkatkan implementasi Profil Pelajar Pancasila pada peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kegiatan ekstrakurikuler handycraft dapat meningkatkan implementasi Profil Pelajar Pancasila pada peserta didik dalam kehidupan sehari-hari

Published

2023-05-06