Implementasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Digital Marketing Pada Siswa Kompetensi Keahlian Usaha Layanan Pariwisata

Authors

  • Sri Lestari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Media Pembelajaran, Smartphone, Digital Marketing,

Abstract

Perkembangan teknologi informasi semakin pesat pada era Revolusi 4.0, ditandai dengan hadirnya smartphone. Seluruh kehidupan manusia tidak luput dengan sentuhan smartphone. Hal demikian terjadi pula dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran dengan memanfaatkan media smartphone berperan penting dalam mengubah softskill dan hardskill siswa, terutama dalam kemampuan digital marketing pada sekolah kejuruan. Subyek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan informasi untuk diubah menjadi data dilaksanakan melalui metode observasi, wawancara mendalam (in-depth interview). Analisis dari hasil penelitian menggunakan analisis model fenomenologi. Hasil penelitian memberikan petunjuk bahwa; (1) penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran sangat membantu siswa dan guru dalam meningkatkan kemampuan digital marketing. (2) siswa dengan mudah menerapkan kemampuan digital marketing; senang menggunakan aplikasi digital marketing yang sesuai dengan passionnya; lebih kreatif dan inovatif dalam menuangkan ide. Kemampuan menggunakan alat teknologi adalah softskill yang harus dimiliki oleh peserta didik kompetensi keahlian Usaha Layanan Pariwisata

Published

2023-05-06