DISIPLIN POSITIF MELALUI KEYAKINAN KELAS UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • nani mulyanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • nani mulyanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Disiplin positif, keyakinan kelas, profil pelajar pancasila

Abstract

Sekolah merupakan salah satu tempat pembentukan karakter murid, karakter dapat kita upayakan melalui penerapan displin positif dengan pembuatan keyakinan kelas Keyakinan kelas merupakan fondasi dan tujuan kelas dalam memecahkan masalah atau konflik yang terjadi di kelas, keyakinan kelas terbentuk dari peraturan- peraturan kelas yang mengandung nilai universal yang tersirat dan tersurat lepas dari latar belakang suku, bangsa dan negara. Dengan nilai kebajikan tersebut akan menekankan keyakinan seseorang lebih termotivasi seseorang dari dalam untuk selalu tergerak dan semangat melaksakanakan keyakinan dari untuk menuruti sebuah peraturan. Dengan keyakinan kelas dapat menumbuhkan motivasi internal yang akan mendorong murid untuk dapat berkembang potensinya secara optimal sehingga terwujudnya profil pelajar panasila sehingga mampu mengahadapi tantangan zaman abad 21

Published

2023-05-06