MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KENAMPAKAN ALAM NEGARA ASEAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 BRECONG

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

inkuiri, hasil belajar

Abstract

Peneitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPS tentang kanampakan alam Negara ASEAN masih rendah sehingga hasil belajar masih sangat rendah. Selain itu siswa kurang termotivasi dalam belajar. Setelah dilakukan analisis, ditemukan beberapa kemungkinan yang menjadi faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa yaitu : (1) Pembelajaran yang dilaksanakan terlalu banyak menggunakan metode ceramah sehingga siswa cepat bosan dan jenuh. (2) Guru kurang memberi kesempatan siswa untuk bertanya. (3) Model pembelajaran hanya berfokus pada kegiatan guru. (4) Guru kurang memperhatikan perkembangan kognitif siswa. Oleh karena itu, penelit memilih alternatif pemecahan masalah melalui penerapan model pembelajaran inkuiri.
Penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Siklus pertama menggunakan model pembelajaran inkuiri dalam diskusi kelompok besar (5 siswa), siklus kedua dalam kelompok kecil (3 siswa). Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting).
Data ketuntasan siswa dalam penguasaan konsep belajar dapat dijelaskan bahwa rata-rata nilai awal pembelajaran 65,36 siswa dengan ketuntasan belajar atau rata-rata 39,29%, pada pelaksanaan tindakan siklus I rata-rata nilai 72,85 diperoleh ketuntasan belajar 20 siswa atau rata-rata 71,43%, sedangkan pelaksanaan tindakan siklus II, diperoleh siswa yang rata-rata 81,43 dengan ketuntasan belajar sebanyak 27 siswa atau 96,43%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan prestasi belajar IPS siswa kelas VI.

Published

2023-05-06