PENERAPAN STRATEGI TIPE JIGSAW BUAT MENAIKKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI KALIPURU KABUPATEN KEBUMEN

Authors

  • Priyadi Priyadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Diah Wasis Priyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

pembelajaran jigsaw, minat belajar siswa, pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar minat belajar peserta didik dalam pelajaran matematika ihwal materi bangun datar masih rendah. Tujuan penelitian ini merupakan buat menaikkan minat belajar matematika ihwal bangun datar melalui taktik jigsaw pada siswa kelas IV semester ganjil SD Negeri Kalipuru Karangsambung Kebumen Tahun 2022/2023. buat mencapai tujuan penelitian, peneliti mendasarkan di teori-teori atau pengertian yg terkait menggunakan peningkatan minat belajar siswa pada pelajaran matematika tentang bangun datar melalui seni manajemen pembelajaran tipe jigsaw. Penilitian tindakan kelas ini melalui empat termin yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini artinya 8 siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalipuru Karangsambung Kebumen. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, dokumentasi, serta catatan lapangan. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis interaktif. pemeriksaan keabsahan data yg dipergunakan ialah triangulasi sumber atau data. hasil analisis menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik semakin tinggi. di kondisi awal sebelum memakai taktik pembelajaran tipe jigsaw ketuntasan minat belajar siswa 25%. sehabis menggunakan taktik pembelajaran tipe jigsaw di daur I ketuntasan minat belajar peserta didik meningkat yaitu 62,lima%. pada daur II ketuntasan motivasi belajar siswa meningkat menjadi 87,lima%. Ketercapaian ketuntasan minat belajar siswa berasal siklus I ke siklus II semakin tinggi 25%.

Published

2023-05-06