PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI ALKANA, ALKENA, DAN ALKUNA DENGAN MEMANFAATKAN PORTAL RUMAH BELAJAR BAGI SISWA KELAS XI MIPA-2 DI SMAN SRANDAKAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Rujinem Rujinem Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Hasil belajar; materi alkana, alkena, alkuna; portal rumah belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini berupaya untuk meningkatan Hasil Belajar Materi alkana, alkena, dan alkuna dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar pada siswa kelas XI MIPA-2 SMAN 1 Srandakan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini diawali denga hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA-2 masih rendah, sehingga perlu perbaikan metode mengajar yang divariasi sehingga hasil belajar meningkat. Kemampuan memahami konsep yang masih kurang, sebagian besar peserta didik kurang semangat dengan model pembelajaran dan materi pelajaran yang diberikan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan portal Rumah belajar pada materi alkana, alkena, dan alkuna. Langkah penelitian dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar pada siswa kelas XI MIPA-2 SMAN 1 Srandakan. Subyek penelitian ini siswa kelas XI MIPA-2 SMA Negeri 1 Srandakan tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Srandakan dengan metode pengumpulan data melalui pengamatan/observasi,wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data penelitian menggunakan lembar pengamatan (observasi), panduan wawancara dan dokumentasi kegiatan pembelajaran berupa hasil pre tes dan pos tes pada materi alkana, alkena, dan alkuna. Penelitian ini dilakukan dengan teknik kolaborasi dengan teman guru serumpun IPA dan guru BKTI. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan trianggulasi data.
Hasil penelitian ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata nilai pre tes 68,36 dan persentase ketuntasan 57 % menjadi nilai rata-rata post tes 79,82 dan persentase ketuntasan 89 %. Siswa menjadi meningkat semangat belajar dan merasa senang. Guru yang bertindak sebagai pengamat merasa senang dan cocok dengan pembelajaran portal Rumah belajar. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan portal Rumah belajar dapat meningkatkan hasil belajar kimia pada materi aljkana, alkena, dan alkuna siswa kelas XI MIPA-2 SMA Negeri 1 Srandakan.

Published

2023-05-06