PENGGUNAAN WORKSHOP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN SOAL HOTS DI SD NEGERI PERCOBAAN 4 TAHUN 2020

Authors

  • Sukamsinah Sukamsinah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Soal HOTS, workshop

Abstract

Soal HOTS merupakanfsalahfsatufcarafuntukfmengukur kemampuan seseorang terutama pada bagian-bagianfyangfmeliputifberpikirftingkatftinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidakfsekadarfmengingatf(recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahanf(recite).fPenelitianfini bertujuan: 1) menerapkan langkah–langkah workshopfuntukfmeningkatkanfkemampuan guru menyusun soal HOTS; 2) meningkatkan kemampuan gurufmenyusunfsoalfHOTSfdi SD Negeri Percobaan 4 tahun 2020. Metode penelitianfinifadalahfpenelitianfkualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I - VI. Teknik pengumpulanfdatafyangfdigunakanfadalahfobservasi. Analisis data yang digunakan adalahfstatistikfdeskriptiffpersentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) workshop yangfditerapkanfdapatfmeningkatkanfkemampuan guru dalam menyusun soal HOTSfdifSDfNegerifPercobaanf4; 2) terjadi peningkatan kemampuan guru menyusun dalam soal HOTS difSDfNegerifPercobaanf4.fHasilfobservasifterhadap 12 guru kelas diperoleh data bahwafprosentasefjumlahfgurufyangfkemampuannya menyusun soal HOTS memperoleh nilaifdalamfkategorifbaikfadaf4forangf(33,3%), siklus I ada 7 orang (58,3%), siklus II ada 11forangf(91,7%).fHalfinifberartifbahwafworkshop dapat digunakan untuk meningkatanfkemampuanfgurufdalamfmenyusunfsoal HOTS di SD Negeri Percobaan 4.

Published

2023-05-06