SNIPPING TOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 6 PURWOREJO

Authors

  • Tri Widodo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

snipping tool, hasil belajar, Teknologi Informatika

Abstract

TK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) adalah merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di SMP. Komputer dijadikan fasilitas untuk pembelajaran, melalui program-program, siswa diberi pengetahuan tentang program-program komputer terutama program pengolah kata dan program pengolah angka. Pada kelas VIII SMP kurikulum yang diajarkan di semester I (satu) mengenai perangkat lunak pengolah kata. Perangkat lunak pengolah kata yang dipakai adalah software Microsoft Word 2007, karena materi yang diajarkan berkenaan dengan program-program komputer, pembelajaran harus disertai penggunaan langsung (praktik) terhadap program-program tersebut. Hasil evaluasi belajar yang kurang memuaskan disebabkan oleh siswa yang kurang tertarik dengan model pembelajaran ceramah yang dipilih oleh guru. Guru kurang memiliki informasi mengenai hasil-hasil penelitian yang menyangkut inovasi pembelajaran dan media pembelajaran yang dipilih oleh guru dalam pembelajaran mengidentifikasi menu dan icon-icon pada Microsoft Word 2007.Banyak faktor yang menyebabkan mengapa kompetensi hasil belajar siswa belum memuaskan. Faktor-faktor tersebut antara lain faktor guru, faktor siswa, faktor materi pelajaran, faktor pembelajaran, faktor media dan sarana serta faktor lingkungan dan sebagainya. Beberapa faktor tersebut diatas harus menjadi satu kesatuan dan saling mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan kelas atau PTK yang dilaksanakan dalam proses belajar mengajar. PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan oleh penulis melalui beberapa tahapan yang dibutuhkan, tahapan-tahapan tersebut antara lain perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil tes dan non tes pelaksanaan pembelajaran TIK pada Materi Mengidentifikasi Menu dan icon-icon Microsoft Word 2007 diperoleh hasil (1) pengukuran kinerja kognitif sebagai alat ukur proses pembelajaran mencapai 80,86% pada pertemuan I dan 82,03% pada pertemuan II, melampaui indikator kinerja yang ditentukan sebesar 80 % (2) hasil tes tulis dengan rata-rata 75,69, masih dibawah indikator kinerja yang ditentukan sebesar 80 (3) ketuntasan belajar sebesar 53,12% masih dibawah indikator kinerja yang ditentukan sebesar 80%, dan (4) hasil tanggapan siswa berharap pada pertemuan berikutnya guru tetap menggunakan model tesebut karena selain menarik, siswa mendapatkan keterampilan baru menggunakan komputer, juga membantu dalam motivasi belajar. Simpulan dari penelitian penerapan model pembelajaran menggunakan Snipping Tool dapat meningkatkan hasil belajar mengidentifikasi menu dan icon Microsoft Word 2007 pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 6 Purworejo sebagai berikut. 1. Proses pembelajaran berjalan kondusif. Terjadi pembelajaran tutor sebaya saat praktik dan siswa berani mengemukakan pendapat. Hasil yang didapatkan pada pengukuran hasil tes pada siklus I, siklus II maupun siklus III hasilnya selalu melewati darikriteria mimimum yang ditentukan yaitu sebesar 80%. Dari awal ke siklus II terdapat kenaikan sebesar 1,26 %. 2. Dengan menggunakan media pembelajaran Snipping Tool dapat meningkatkan hasil belajar mengidentifikasi menu dan icon Microsoft Word 2007 pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 6 Purworejo. Baik rata-rata hasil ulangan maupun persentase ketuntasan mengalami kenaikan. (1) Rata-rata hasil ulangan kondisi awal, siklus ke-1, siklus ke-2 selalu mengalami kenaikan. Dari kondisi awal dan siklus ke-1 terdapat kenaikan sebesar 9,44 yakni dari 65,25 pada kondisi awal menjadi 75,69 pada siklus ke-1.

Published

2023-05-06