Penggunaan Model PjBL pada Pembelajaran TLJ dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Jurusan TKJ Kelas XI

Authors

  • Wuri Setyowardani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

pjbl;, keaktifan;, Teknologi Layanan Jaringan (TLJ)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan materi ragam aplikasi komunikasi data, sub materi pembuatan aplikasi ragam aplikasi komunikasi data (web) menggunakan model PjBL. Model Project Base Learning merupakan model yang banyak diterapkan karena sangat menarik dan menekankan pada pembelajaran yang aplikatif. Dengan Project Base Learning peserta didik didorong untuk merumuskan masalah dan mencari solusi permasalahan keseharian yang ditemui pada pembelajaran yang berlangsung. Subjek penelitian ini terdiri 35 siswa kelas XI TKJ A. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pengumpulan datanya dilakukan menggunakan observasi. Sedangkan teknis analisis datanya menggunakan analisis deskriptif komparatif. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Project Base Learning ini sangat efektif dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada pelajaran Teknologi Layanan Jaringan materi ragam aplikasi komunikasi data, sub materi pembuatan aplikasi ragam aplikasi komunikasi data (web). Dapat terlihat pada hasil observasi yang menunjukkan peningkatan keaktifan peserta didik secara praktikal pada siklus I mencapai 75%, meningkat menjadi 83% pada siklus II, dan terus meningkat pada siklus ke III mencapai 88%. Dari hasil pengamatan, meningkatnya keaktifan peserta didik sangat berpengaruh terhadap tingkat keterampilannya. Keterampilan peserta didik dalam mengoperasikan komputer dan perangkat jaringan yang digunakan meningkat dari siklus I sampai siklus III, terbukti hasil dari siklus III yang menunjukkan bahwa peserta didik sudah mampu mengoperasikan komputer dan perangkat jaringan dengan baik dan tanpa kendala saat membangun server web dan mengaktifkannya

Published

2023-05-06