LOADING DIADEO PADA BIMBINGAN TIK KELAS IX SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 19 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2020/202

Authors

  • Yuni Tri Supanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Loading DiaDeo, Blended Learning, Project Based Learning

Abstract

Kondisi Pandemi menjadi tantangan bagi pendidik sebagai pendidik, untuk memilih model pembelajaran yang sesuai, agar tujuan pembelajaran bermakna dapat tercapai. Model atau metode pembelajaran yang diterapkan harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya : 1). Karakteristik mata pelajaran, 2). Kondisi peserta didik, 3). Kondisi keahlian pendidik, 4). Sarana/prasarana, 5). Situasi kelas dan lingkungan.
Untuk itu pendidik merancang strategi pembelajaran “Loading DiaDeo Pada Bimbingan TIK Kelas IX Semester Gasal di SMP Negeri 19 Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021”, Loading DiaDeo adalah akronim dari “Blended Project Based Learning Bermedia Video”.
Dengan penerapan model pembelajaran Loading pada materi perangkat keras komputer, dampak yang dihasilkan : 1). Proses pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan, 2). Kemampuan 4C (Critical Thinking, Communication, Colaboration, Creativity and Innovation) peserta didik menjadi lebih baik, 3). Nilai ulangan peserta didik menjadi baik, 4). Peserta didik menjadi mampu berkontribusi pada pembelajaran Bimbingan TIK, dengan konten-konten video pembelajaran yang diunggah pada akun media sosial peserta didik, 5). Peserta didik menjadi terbiasa menghargai hasil karya orang lain, 6). Video pembelajaran materi perangkat keras komputer yang diunggah di dunia maya, bisa menjadi sumber belajar yang bermanfaat bagi peserta didik lainnya sebagai sarana tutor sebaya

Published

2023-05-06