PENINGKATAN MOTIVASI PEMBIMBINGAN EKSTRAKURIKULER MELALUI IN SERVICE TRAINING STRATEGI KEMITRAAN PADA GURU SD NEGERI BANJARHARJO

Authors

  • Yusni Usman Ningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

motivasi, pembimbingan ekstrakurikuler, in service training, strategi kemitraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi motivasi pembimbingan ekstrakurikuler pada guru SD Negeri Banjarharjo melalui in servise training strategi kemitraan. Subyek penelitian ini adalah guru SD Negeri Banjarharjo sebanyak 7 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action research) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta tindak lanjut. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan dokumen. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi pembimbingan ekstrakurikuler pada guru. Hasil siklus I, 71% guru memiliki motivasi pembimbingan ekstrakurikuler dalam kategori baik dan sangat baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 86% guru memiliki motivasi pembimbingan ekstrakurikuler dalam kategori baik dan sangat baik.

Published

2023-05-06