PENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA PADA MATERI UPACARA ADAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY SISWA KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN

Authors

  • Dwi Putri Praptiningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

motivasi, hasil belajar, upacara adat Jawa, model role play

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Banguntapan tahun ajaran pada pembelajaran bahasa Jawa melalui penerapan model pembelajaran role play. Motivasi belajar yang diamati terdiri dari tiga aspek, antara lain aspek pilihan, aspek keyakinan untuk sukses, dan aspek keuletan dalam berusaha. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Banguntapan sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pengisian angket motivasi belajar, pemberian soal kuis, dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), angket motivasi belajar, soal kuis, dan dokumen. Data dari lembar observasi, hasil kuis, serta hasil kuis dianalisis menggunakan pedoman dan kriteria yang ditetapkan. Analisis data dari observasi, angket, soal kuis, dan dokumen dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran role play secara benar dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kimia siswa kelas XII MIPA 1 SMA N 1 Banguntapan. Berdasarkan hasil angket, siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi pada siklus I sebanyak 23,50% siswa, sedangkan pada pada siklus II sebanyak 79,42% siswa. Berdasarkan pelaksanaan kuis hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I persentase siswa mencapai KKM sebesar 38,3%, sedang pada siklus II sebesar 82,35%. Kata Kunci: Pembelajaran, model role play, motivasi belajar

Published

2023-05-06