ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM UNTUK MENGHADAPI ERA 5.0 SOCIETY

Authors

  • Agus Sugiarto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rahmat Mulyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

society 5.0, manajemen, pembelajaran, STEM, keterampilan abad-21

Abstract

Perubahan era society 5.0 tidak dapat dihindari. Pesatnya perubahan zaman membuat semua aspek dalam kehidupan juga dituntut untuk mengalami perubahan begitu juga masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen pembelajaran berbasis STEM dalam rangka mempersiapkan perubahan era society 5.0 yang merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Era society 5.0 ini adalah era super smart society di mana manusia dituntut untuk bisa hidup berdampingan dengan teknologi, semua kegiatan dalam aspek kehidupan dipengaruhi oleh teknologi yang bertujuan agar manusia dapat hidup lebih efektif dan nyaman. Pendidikan menjadi salah satu agen dalam rangka mempersiapkan generasi muda untuk bersaing dalam era perubahan ini. Oleh karena itu, STEM merupakan salah satu pendekatan yang mampu memberikan persiapan bagi siswa dalam menghadapi era society 5.0, karena STEM merupakan salah satu ciri pembelajaran yang mengajarkan dan melatih keterampilan-keterampilan abad-21 yang diperlukan pada era society 5.0. Adapun manajemen pembelajaran berbasis STEM perlu adanya persiapan yang matang baik bagi guru dan siswa agar pembelajaran dapat berjalan optimal. Pada implementasinya, prespektif guru terhadap STEM adalah positif, tetapi masih terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi salah satunya adalah terkait perisapan pembelajaran oleh guru dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran

Published

2023-05-06