Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Masalah Ekonomi di Kelas X B Semester Ganjil SMA N 3 Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Sri Purnamawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi; hasil belajar; mata pelajaran Ekonomi

Abstract

Riset ini bertujuan buat menaikkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan Permasalahan Ekonomi. Riset ini mengenakan pendidikan berdiferensiasi dengan menyertakan 3 komponen adalah visual, auditori, serta kinestetik. Studi ini ialah studi aksi kelas yang dipisah jadi 2 siklus serta di awali dengan prasiklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan aksi, obeservasi, evaluasi, serta refleksi. Riset dilaksanakan pada siswa kelas X B semester ganjil di SMA N 3 KlatenTahun Pelajaran 2022/ 2023. Ada pula hasil riset yang dilaksanakan pada 34 orang siswa, pada kegiatan pra siklus jumlah siswa yang tuntas yaitu 10 siswa, sementara itu siswa yang belum tuntas 24 siswa, dengan nilai rata- rata 55, 17. Pada siklus I siswa mengalami kenaikan jumlah siswa yang tuntas 20 siswa,sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 14 siswa dengan nilai rata- rata 66, 55. Setelah itu pada siklus II ini mengalami peningkatan yang sangat besar dibandingkan dengan siklus sebelumnya ialah siswa yang telah mencapai KKM berjumlah 34 siswa. Riset ini menunjukan kalau penerapan pembelajaran berdiferensiasi bisa tingkatkan hasil belajar Ekonomi pokok Bahasan Masalah Ekonomi semester ganjil di SMA N 3 Klaten Tahun Pelajaran 2022/ 2023

Published

2023-05-06