PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL CHEMISTRY LABORATORY

Authors

  • Paulina Hendrajanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Rochmiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

BERPIKIR KRITIS ;, DISCOVERY LEARNING ;, VIRTUAL CHEMISTRY LABORATORY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 4 Yogyakarta melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Virtual Chemistry Laboratory untuk materi Titrasi Asam Basa. Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan berpikir yang melibatkan proses kognitif dan mengajak siswa untuk berpikir reflektif terhadap permasalahan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 4 Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran di tahun 2021, yang mempunyai keterampilan berpikir kritis rendah selama pembelajaran daring di masa pandemi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi, angket, penilaian proses, dan hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pada siklus I diperoleh persentase siswa yang mempunyai keterampilan berpikir kritis dengan kategori tinggi sebanyak 83,33%, kategori sedang 13,86%, dan kategori rendah 2,78%, (2) Pada siklus II diperoleh persentase siswa yang mempunyai keterampilan berpikir kritis dengan kategori tinggi sebanyak 94,44%, kategori sedang 5,56%, dan kategori rendah 0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 4 Yogyakarta pada materi Titrasi Asam Basa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Virtual Chemistry Laboratory

Published

2023-05-06