PENGGUNAAN WORKSHOP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN SOAL HOTS DI SD NEGERI PERCOBAAN 4 TAHUN 2020

Authors

  • Sukamsinah Sukamsinah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Soal HOTS, workshop

Abstract

Soal HOTS merupakan salah satu cara untuk mengukur kemampuan seseorang terutama pada bagian-bagian yang meliputi berpikirftingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekadarfmengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Penelitian ini bertujuan: 1) menerapkan langkah–langkah workshop untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun soal HOTS;

2) meningkatkan kemampuan guru menyusun soal HOTS di SD Negeri Percobaan 4 tahun 2020. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I - VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptiffpersentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) workshop yang diterapkan dapatfmeningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS di SD Negeri Percobaan 4; 2) terjadi peningkatan kemampuan guru menyusun dalam soal HOTS di SD Negeri Percobaan 4. Hasil observasi terhadap 12 guru kelas diperoleh data bahwa prosentase jumlah guru yang kemampuannya menyusun soal HOTS memperoleh nilai dalam kategori baik ada 4 orang (33,3%), siklus I ada 7 orang (58,3%), siklus II ada 11 orang (91,7%). Hal ini berarti bahwa workshop dapat digunakan untuk meningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS di SD Negeri Percobaan 4.

Published

2023-05-06