KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD MUHAMMADIYAH PAKEM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Afiati Fatimah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Guru, Kompetensi Pedagogik, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Guru merupakan tenaga pendidik profesional yang dituntut untuk memiliki berbagai kompetensi salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi pendagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembagan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi guru menjadi bekal dalam perubahan zaman. Di era revolusi industri 4.0 ini guru tidak hanya sebatas nampak bertatap muka, tetapi dapat pula dicitrakan secara virtual. Terlebih akibat adanya Pandemi Covid-19 yang berdampak pada sektor pendidikan. Kegiatan pembelajaran harus melibatkan teknologi yang menuntut guru dan siswa maupun orang tua siswa menyesuaikan diri. Oleh karena itu guru harus mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi digital dalam melaksanakan pembelajaran, karena saat ini tidak hanya kompetensi dan ijazah yang dibutuhkan, namun kemampuan mengggunakan teknologi juga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru SD Muhammadiyah Pakem di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, dokumentasi, ataupun analisis dokumen dan catatan lapangan. Hasilnya menunjukkan kompetensi pedagogik yang dimiliki guru SD Muhammadiyah Pakem cukup baik. Maupun begitu sekolah tetap berupaya meningkatkan kompetensi pedagogik gurunya.

Published

2023-05-06