MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN INOVATIF MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP DI SD NEGERI 2 KRASAK

Authors

  • Sapto Widiyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Kemampuan guru, pembelajaran secara inovatif, teknik workshop.

Abstract

PTS ini dilakukan guna mengembangkan kemampuan pendidik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar yang lebih inovatif dengan metode supervisi akademik melalui kegiatan workshop di SDN 2 Krasak. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu PTS yang berlangsung dalam empat langkah yakni tahap perencanaan, action, observasi, serta proses refleksi. Subjek dalam kegiatan ini adalah para pendidik di SDN 2 Krasak yang berjumlah sepuluh pendidik. PTS ini dilakukan dengan model siklus sebanyak dua kali. Data penelitian diperoleh melalui beberapa cara yaitu pengamatan, menyebarkan angket, wawancara, serta pendokumentasian kegiatan. Setelah peneliti merasa cukup dalam mengumpulkan data, maka dilakukan proses analisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil PTS memperlihatkan bahwa supervisi akademik melalui kegiatan workshop mampu mengembangkan kemampuan pendidik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar yang lebih inovatif di SDN 2 Krasak. Hasil ditunjukkan dengan peningkatan pada kondisi awal 30%, pada siklus I mencapai 70%, dan pada siklus II mencapai 90%. Nilai rata-rata kemampuan melaksanakan pembelajaran juga meningkat. Pada kondisi awal nilai rata-rata mencapai 60, pada siklus I mencapai 78, dan pada siklus II meningkat menjadi 88. Teknik workshop memotivasi antusiasme guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam memilih dan melaksanakan model pembelajaran inovatif

Published

2023-05-06