PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMKN 6 YOGYAKARTA

Authors

  • Diah Artantia Sari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Project Based Learning, PKK, hasil belajar

Abstract

Model pembelajaran suatu mata pelajaran menjadi hak sekaligus kewajiban dari guru untuk memilih model apa yang akan digunakan dalam mata pelajarannya. Beberapa model pembelajaran yang digunakan sebaiknya terpusat pada siswa (student centered). Salah satu model pembelajaran tersebut adalah Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran PKK dan (2) Hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran PKK. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian pada penelitian kali ini adalah kelas XII Kuliner 1 SMKN 6 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pelaksanaan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran PKK dapat berjalan sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran Project Based Learning (2) Hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran PKK yang menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning, siswa dapat menuntaskan pembelajaran dibuktikan dengan ada beberapa siswa yang sudah mulai merintis usaha di luar mata pelajaran yang akan diikutsertakan dalam kandidat wisuda wirausaha muda pada akhir tahun pelajaran.

Published

2023-05-06