Pendampingan Penerapan Teknologi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • TH. Laksmi Widyarini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Desy Rufaidah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Coliva Nisrina Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Maria Putri Nugraheni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Amadhea Ardha Candra Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/snhppkm.v2i1.1823

Abstract

Memanfaatkan aplikasi dalam proses pembelajaran memiliki potensi besar untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memperbaiki umpan balik guru. Lewat aplikasi, pembelajaran bisa menjadi lebih interaktif dan menarik, yang mendorong keterlibatan siswa. Aplikasi juga dapat meningkatkan akses siswa terhadap materi pelajaran kapan saja dan di mana saja, memungkinkan mereka untuk belajar sesuai dengan kecepatan mereka sendiri. Selain itu, aplikasi juga bisa membantu guru dalam memberikan umpan balik. Dengan fitur otomatisasi, aplikasi dapat memberikan umpan balik instan kepada siswa tentang tugas atau kuis yang dikerjakan. Ini tidak hanya membantu siswa untuk segera mengetahui di mana mereka membuat kesalahan dan cara memperbaikinya, tetapi juga membebaskan guru dari beban kerja yang berlebihan sehingga mereka dapat fokus pada aspek pembelajaran yang lain. Lebih jauh, beberapa aplikasi juga menyediakan analitik pembelajaran yang membantu guru dalam memahami progres siswa dan merencanakan strategi pembelajaran yang lebih efektif secara individual. Sehingga, aplikasi pembelajaran dapat menjadi alat yang sangat berharga dalam pendidikan modern.

References

LP3M. (2023). Buku Pedoman Abdimas. Yogyakarta: UST

Nation, ISP. & Macalister, John. (2010). Language curriculum design. New York: Routledge

Widyarini & Rufaidah. (2023). Utilizing learning applications in improving class engagement of secondary high school students. Manuskrip Penelitian Payung - unpblished. UST. Yogyakarta

Downloads

Published

2023-12-22

Issue

Section

Volume 2 Nomor 1 Tahun 2023