Pengaruh literasi keuangan dan pendapatan terhadap perilaku keuangan karyawan di Kabupaten Purbalingga

Authors

  • Walid Rudianti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tamansiswa
  • Kartika Dewi Permatasari
  • Gabrielle Tedy Setyawan
  • Ghonimah Zumroatun Ainiyah

Keywords:

Literasi Keuangan, Pendapatan, Perilaku Keuangan

Abstract

Kurangnya pemahaman mengenai literasi keuangan dan juga tingkat pendapatan yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup seseorang membuat perilaku keuangannya menjadi kurang baik. Rendahnya tingkat pendapatan karyawan di Kabupaten Purbalingga membuat seseorang tidak bisa leluasa dalam menyusun rencana keuangannya untuk masa depan. Perilaku keuangan seseorang yang kurang baik akan membuat tujuan tercapainya kesejahteraan finansial karyawan sulit tercapai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh literasi keuangan dan pendapatan terhadap perilaku keuangan karyawan di Kabupaten Purbalingga secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan dari 3 perusahaan di Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 1.488 karyawan. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial literasi keuangan dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan, sedangkan secara simultan literasi keuangan bersama dengan pendapatan berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Besarnya pengaruh literasi keuangan dan pendapatan terhadap perilaku keuangan adalah sebesar 43,1% sedangkan sisanya 56,9% adalah variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

References

Agustina, Yulia. 2016. Pengaruh Literasi Keuangan, Pengalaman Bekerja dan Pendapatan terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Amaiyah, Nisa Ihlasul dan Hadi Ismanto. 2020. Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan Karyawan Swasta di Kabupaten Jepara. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis. Vol 6 No 3. 475.

Andrew, Vincentius dan Nanik Linawati. 2014. Hubungan Faktor Demografi dan Pengetahuan Keuangan Dengan Perilaku Keuangan Karyawan Swasta di Surabaya. Finesta. Vol 2 No2.

Anugrah, Rizky. 2018. Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Masyarakat Dengan Niat Sebagai Variabel Intervening. In Skripsi. Makasar: Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar.

Fatimah, Nur dan Susanti. 2018. Pengaruh Pembelajaran Akuntansi, Literasi Keuangan, dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Vol 6 No 1. 54.

Laily, Nujmatul. 2013. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan. Journal Of Accounting And Business Education. Vol 1 No 4. 15.

Margaretha, Farah dan Reza Arief Pambudhi. 2015. Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 17 No 1. 78.

Reviandani, Wasti. 2019. Pengaruh Pengalaman Keuangan dan Tingkat Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Keluarga di Desa Yosowilangun Kecamatan Manyar Gresik. Jurnal Manajerial. Vol 6 No 1. 51.

Yusnia dan Jubaedah. 2017. Pengaruh Pendapatan, Lokus Pengendalian, dan Pengetahuan Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Pelaku UMKM Kecamatan Cinere. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 4 No 2. 193.

Downloads

Published

2022-12-07

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022