Pengembangan Electronic Mathematics Book (E-Math Book) untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Langsa

Authors

  • Fiti Pransiska Bancin Universitas Samudra
  • Saiman Universitas Samudra
  • Roni Priyanda Universitas Samudra

Keywords:

Pengembangan, E-Math Book, 4d

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media electronic mathematics book (e-math book) dan mengetahui kevalidan serta mengetahui kepraktisan media e-math book yang telah dihasilkan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R & D) dengan model pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan dissemination. Namun pengembangan ini dibatasi sampai di tahap develop. Validitas e-math book diukur berdasarkan validasi para ahli media dan ahli materi. Kepraktisan e-math book diukur berdasarkan hasil respon siswa. Penelitian diuji cobakan secara terbatas pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Langsa. Hasil penelitian berupa media electronic mathematics book (e-math book) dengan penilaian kevalidan oleh ahli media sebesar 98% dengan kriteria “sangat valid”, serta penelitian akhir dari ahli materi I dan ahli materi II diperoleh rata-rata persantase sebesar 85% dengan kriteria “sangat valid”. E-math book dinyatakan praktis dengan hasil respon siswa sebesar 92% dengan kriteria “sangat praktis”.

References

Anggraini, Yenni Dian. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Novelmatika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Statistika. Jurnal Amanah Pendidikan Dan Pengajaran. Hal 35-48.

Bayani, A. 2019. Pengembangan E-Book Matematika Berbasis Masalah Pada Materi Kubus dan Balok SMP/MTS Kelas VIII. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 7.

Darmawan, D. 2014. Inovasi Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Offset.

Lisa, Yasinta dan Nelly Wedyawati. 2020. Pengembangan Bahan Ajar E-Book Matematika Dasar Berbasis Metakognisi Menggunakan Flipbook Maker Untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Stkip Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 68-79.

Naufal, Akhmad Labib An, dan Ika Kurniasari. 2022. Pengembangan E-Book Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11 (2).

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik Dan Menyenangkan). Yogyakarta: Diva Press.

Priyanda, Roni. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Cai dengan Tipe Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan. Jurnal Dimensi Matematika, 50-57.

Priyanda, Roni. 2019. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Kontekstual dan Model Direct Instruction di Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Jurnal Dimensi Matematika, 2 (2), 94-100.

Raharjo, H., dan I’anah. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok. Eduma, 3(2), 119-132.

Repi, Palenita M.T. Dkk. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Materi Perbandingan Siswa Kelas VII. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 43-52.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-22

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022