Bimbingan literasi numerasi dengan menggunakan metode Jarimatika kepada siswa SD Negeri 1 Lamokato

Authors

  • Tri Maniarta Sari Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Ernawati Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Irajuana Haidar Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • A.S. Alonemarera Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Keywords:

literasi numerasi, jarimatika

Abstract

Bimbingan ini bermaksud memberikan bimbingan siswa kelas SD Negeri 1 Lamokato dalam menggunakan metode jarimatika. Bimbingan ini dilakukan karena dilatarbelakangi karena rendahnya literasi numerasi siswa di SD Negeri 1 Lamokato. Hal tersebut berdampak pada rendahnya kemampuan siswa untuk berhitung. Oleh karena itu dibutuhkan bimbingan kepada siswa dengan menggunakan metode yang berbeda dari metode yang digunakan guru di SD Negeri 1 Lamokato. Pelatihan ini dilaksanakan dari bulan Juni hingga bulan Agustus 2022 di SD Negeri 1 Lamokato.  Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yakni metode demonstrasi, tanya jawab dan praktik menggunakan metode jarimatika. Siswa sangat antusias selama pelatihan berlangsung. Siswa tertarik untuk menggunakan metode jarimatika. Siswa aktif bertanya jawab tentang metode jarimatika. Setiap siswa mempraktikkan metode jarimatika di depan kelas. Hasil dari kagiatan pelatihan ini yaitu terdapat peningkatan literasi numerasi siswa dalam hal ini kemampuan berhitung.

References

Anim, & Rahmadani, E. (2019). Lancar berhitung tanpa mengahafal melalui metode jarimatika guna mendukung kecerdasan anak di SD Negeri No. 014686 Sidomulyo Gugus-Iv. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–17.

Aritonang, L. A., & Elsap, D. S. (2019). Meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini dengan menggunakan metode jarimatika. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 363. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p363-369.

Elok Izza Magfiroh. (2021). Kegiatan bimbingan belajar untuk meningkatkan semangat belajar siswa sekolah dasar akibat pembelajaran daring di Desa Jombok, Kediri. Indonesian Engagement Journal, 2(2), 1–12.

Erlan Hadi, S. (2012). Meningkatkan kemampuan siswa dalam operasi hitung perkalian dengan metode jarimatika. Educative (Pengabdian Kepada Masyarakat).

Hardianti, T., Atiaturrahmaniah, A., & Yazid, M. (2021). Pengaruh teknik jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan dan perkalian 1-10. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 116–123. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.879.

Hidayati, A., Fatimah, S., Khasanah, M., Sasmiati, S., Musyarrofah, M., Diana, Q., & Naiesa, S. (2021). Pelatihan teknik jarimatika bagi siswa MI Wilayah Fatimatuz Zahro Pondok Pesantren Nurul Jadid. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 266–273. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1702.

Husna, A. (2018). Pelatihan penggunaan metode jarimatika untuk menanamkan konsep cara mudah menghitung perkalian pada siswa sekolah dasar Rw. 01 Kelurahan Kibing. Minda Baharu, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.33373/jmb.v1i1.1169.

Idham Sumirat, T. W. (2017). Pengaruh praktik jarimatika terhadap keterampilan berhitung perkalian pada siswa kelas II SD. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).

Irmayanti, Jurniyati, Hidayah, N., Mirna, & Islamiah, N. (2022). Pendampingan belajar matematika metode jarimatika di taman baca karlos. Ruang Cendikia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 184–188.

Lanya, H., Aini, S. D., & Irawati, S. (2020). Pelatihan metode jarimatika sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 390–398. http://www.ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/293.

Munawwaroh, A., Prasmala, E. R., & Noti, M. B. (2020). Bimbingan belajar untuk sekolah dasar pada masa pandemi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 49–53. http://dx.doi.org/10.31599/jabdimas.

Muslihah, N. N., & Tiawati, L. (2021). Analisis metode jari magic (jarimatika) dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dan motivasi belajar siswa. Caxra : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 31.

Nurlaeli. (2021). Pelatihan metode jarimatika pada siswa sekolah dasar di Dusun Muhajirin Desa Terong Tawah. Alkhidmad: Jurnal Pegabdian Masyarakat, 5(2), 70–77.

Patintingan, M. L. (2015). Penerapan metode jarimatika di TK Asoka Makassar. Jurnal KIP, 4(1), 733–747.

Quraisy, A., Ilhamuddin, Gaffar, A., Mahmud, R. S., Syahri, A. S., & Muzaini, M. (2021). Pelatihan penggunaan metode jarimatika dan perkalian cepat bagi siswa SMP. Jurnlal Abdimas Indonesia, 2(2), 286–293.

Rahayu, D. P., Lieung, K. W., & Yampap, U. (2021). Pelatihan penggunaan metode jarimatika bagi siswa kelas IV SD Inpres Seringgu Merauke. Community …, 2(3), 727–731. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/2553.

Rahmatia, Sandy, G. A., Putra, M. D. P., & Reviska. (2022). Pendampingan pelatihan berhitung cepat dengan menggunakan metode jarimatika pada siswa SD di Arfai. Jurnal Cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 184–192.

Tahir, S. R., & Halim, S. N. H. (2021). Pelatihan berhitung cepat dengan jari (jarimatika) pada siswa kelas VII UPT SMP Muhammadiyah 1 Makassar. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(3), 66–76. https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.116.

Umam, M. K. (2019). Penggunaan metode jaritmatika dalam meningkatkan motivasi belajar. Awwaliyah:Jurnal PGMI, 2(1), 45–68.

Wijaya, R., & Yadewani, D. (2022). Pelatihan perkalian bilangan dasar dengan metode jarimatika : belajar menjadi menyenangkan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 1–8.

Downloads

Published

2022-12-07

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022