Pengembangan panduan PI WBL
DOI:
https://doi.org/10.30738/snhppkm.v1i1.447Keywords:
pengembangan, panduan, praktikum, PI WBLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan Praktik Industri Work Based Larning (PI WBL). Penelitian ini Menggunakan metode penelitian pengembangan, Penelitian pengembangan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: (1) menganalisis materi (define); (2) mendesain prototype panduan (design); (3) validasi dan uji coba produk (develop). Validasi dilakukan oleh validator model panduan PI WBL. Uji coba dilakukan terhadap 27 mahasiswa untuk mengetahui respon dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa menggunakan panduan praktikum PI WBL. Berdasarkan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa produk Model panduan praktikum PI WBL dinyatakan valid oleh Validator dengan Nilai Presentase sebesar 75 %. serta tanggapan mahasiwa dengan prosentase 83 % sangat layak, ini berarti panduan PI WBL dinyatakan layak digunakan, karena menunjukkan respon positif
ABSTRACT
This study aims to develop a Work Based Larning (PI WBL) Industrial Practice guide. This research uses development research methods Development research is carried out in three stages, namely: (1) analyzing the material (define); (2) designing a prototype guide (design); (3) product validation and testing (develop). Validation was carried out by the WBL PI guide model validator. The trial was conducted on 27 students to determine the response and scientific work skills of students using the PI WBL practicum guide. Based on the data analysis , it can be concluded that the product of the WBL PI practicum guide model is declared valid by the Validator with a percentage value of 75 %. and student responses with a percentage of 83% are very feasible, this means that the PI WBL guide is declared suitable for use, because it shows a positive response
References
Handayani, L. P., Farida, F., & Anhar, A. (2014). Pengembangan buku penuntun praktikum IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk SMP Kelas VII Semester II.Kolaboratif.
Murti, S., Muhibbuddin, & Nurmaliah, C. (2014). Penerapan pembelajaran berbasis pratikum ntuk meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik pada perkuliahan anatomi tumbuhan. Jurnal Biologi Edukasi.
Prayitno, T. A. (2017). Pengembangan Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Biota Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta, 3, 31- 37.
S. Billet. (2011). Vocational Education, purpose, tradition and prospect. New York: Springer.
S. Hof & M. S. Leiser (2014). Teaching in vocational education as a second career - s40461-014-0008-y.pd. pp. 1–13.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Thiagarajan., S. et al. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children : A Source Book. Minnesota : University Of Minnesota
Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005.
W. Djojonegoro (1998). Pengembangan sumber daya manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Depdiknas.