Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Melalui Program Pemberdayaan Masyarakat

Authors

  • Yudho Bawono Universitas Trunojoyo Madura
  • Rezkiyah Rosyidah

Keywords:

pemberdayaan masyarakat, PHBS

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan proses di mana masyarakat diberikan kesempatan untuk meningkatkan harkat dan martabatnya, sehingga masyarakat menjadi komunitas yang memiliki ketahanan dalam berbagai sektor dalam lini kehidupan. Tujuan akhir dari pemberdayaan masyarakat adalah meningkatnya taraf hidup dan kemandirian masyarakat yang lebih baik sehingga tidak memiliki rasa ketergantungan terhadap pihak lain. Salah satu kemandirian masyarakat yang dapat dicapai melalui program pemberdayaan masyarakat adalah penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). PHBS merupakan upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat, dengan membuka jalan komunikasi, memberikan informasi, dan melakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan serta sikap dan perilaku, melalui pendekatan pimpinan (advokasi), bina suasana, serta pemberdayaan masyarakat sebagai suatu upaya untuk membantu masyarakat untuk mengenali dan mengatasi masalahnya sendiri, dalam tatanan masing-masing agar dapat menerapkan cara-cara hidup bersih dan sehat dalam rangka menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan.

References

Anggoro, R. P., Rachmi, L. I., dan Aulia, E. T. (2018). Pemberdayaan masyarakat melalui program perilaku hidup bersih dan sehat di Kampung Kauman Kota Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 2(1), 43-50.

Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak – Direktorat Jendral Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial. (tt). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS): Penguatan kapabilitas anak dan keluarga.

Efendi. M. Y., dkk. (2021). Metode pemberdayaan masyarakat. Jember: Polije Press.

Fitri, I., Rahmi, R., dan Hotmauli. (2021). PPerilaku hidup bersih dan sehat melalui upaya pemberdayaan masyarakat. Faletehan Health Journal. Vol. 8(3), 166-172.

Hadiyanti., P. (2008). Strategi pemberdayaan masyarakat melalui program keterampilan produktif di PKBM Rawasari Jakarta Timur. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 17 Th. IX, 90-99.

Hartaty, H. dan Menga, M. K. (2022). Pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat. Abdimas Polsaka: Jurnal Pengabdian Masyarakat Sandi Karsa. Vol. 1(1), 16-21.

Hilman, Y. A dan Nimasari, E. P. (2018). Model program pemberdayaan masyarakat desa berbasis komunitas. Komunitas. Vol. 6(1), 45-67.

Kemenkes, R. I. (2011). Promosi kesehatan di daerah bermasalah kesehatan: Panduan bagi petugas kesehatan di Puskesmas. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

La Patilaiya, H. & Rahman, H. (2018). Pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 2(2), 251-258.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Reskiaddin, L. A., Anhar, V. Y., Sholikah, & Wartono. (2020). Tantangan dan hambatan pemberdayaan masyarakat dalam pengendalian penyakit tidak menular di daerah semi-perkotaan: Sebuah evidence based practice di Padukuhan Samirono, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ). Vol. 4(2), 43-49.

Siregar, H. L. (2017). Studi tentang pemberdayaan masyarakat melalui program promosi kesehatan dalam menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat di Desa Ciranjang (Pusat kesehatan masyarakat Desa Ciranjang Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur). Skripsi (Tidak diterbitkan). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suprapto, S. & Arda, D. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat wilayah kerja Puskesmas Barombong. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas (Journal of Community Health Service), Vol. 01(02), 77-87.

Susilowati, I. T., & Widhiyastuti, E. (2019). Pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan penyakit demam berdarah dengue dengan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat serta pemanfaatan bahan herbal. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 3(2), 237-243.

Tentama, F. (2017). Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) demi kesejahteraan masyarakat Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Jurnal Pemberdayaan. Vol. 1(1), 13-18.

Downloads

Published

2022-12-07

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022