Kinerja pegawai dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Bintan
Keywords:
Manajemen Kinerja, evaluasi, Pelayanan PublikAbstract
Manajemen kinerja merupakan sebuah aktivitas untuk memastikan bahwa sasaran organisasi telah dicapai secara konsisten dalam cara-cara yang efektif dan efisien. Manajemen kinerja sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan atau organisasi, karena manajemen kinerja dapat mengukur seberapa jauh tujuan tercapai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kinerja dalam Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah cukup baik, pelayanan yang diberikan sangat bagus dan sedikit menerima keluhan dari masyarakat. Akan tetapi, perlu meningkatkan manajemen kinerja guna mempertahankan tujuan yang ditetapkan. Selain itu evaluasi kerja pegawai sangat dapat membantu dalam meningkatkan kinerja pegawai yang diinginkan
References
Alimudin, A. (2017). Peran sistem manajemen kinerja, kompetensi pegawai dan promosi jabatan dalam meningkatkan kinerja pegawai. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(3), 155-165.
Anwar, U. D. L. (2022). Analisis kinerja pegawai pada kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Pinrang (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Franco‐Santos, M., & Otley, D. (2018). Reviewing and theorizing the unintended consequences of performance management systems. International Journal of Management Reviews, 20(3), 696-730.
Kamarni, N. (2021). Masyarakat kasus pelayanan kesehatan di Kabupaten Agam. Manajemen dan Kewirausahaan 2, 84–117. http://ejournal.pps- unisti.ac.id/index.php/JIASK/article/view/8.
Kamaroellah, R. A., & MSi, A. K. (2014). Manajemen kinerja (konsep, desain, implementasi dan penilaian kinerja. Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2013): 1689–1699.
Krishardianto, B. I., TH, D. S., & Subarno, A. (2012). Kinerja pelayanan dinas kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret, 1(2), 116990.
Kurnia, A. (2022). Pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota tasikmalaya. Jurnal ADMINISTRATOR, 4(1), 1-10.
Kuvaas, B., Buch, R., & Dysvik, A. (2016). Performance management: Perceiving goals as invariable and implications for perceived job autonomy and work performance. Human Resource Management, 55(3), 401-412.
Lian, B. (2017). Kepemimpinan dan kualitas kinerja pegawai. Palembang: CV. Amanah.
Listiani, T. (2011). Manajemen kinerja, kinerja organisasi serta implikasinya terhadap kualitas pelayanan organisasi sektor publik. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 8(3), 06.
Pranata, I. M. A., & Darma, G. S. (2014). Strategi penerapan e-commerce dalam meningkatkan keunggulan bersaing. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(1), 69-81.
Rajnoha, R., & Lesníková, P. (2016). Strategic performance management system and corporate sustainability concept-specific parametres in Slovak Enterprises. Journal of Competitiveness.
Schleicher, D. J., Baumann, H. M., Sullivan, D. W., Levy, P. E., Hargrove, D. C., & Barros-Rivera, B. A. (2018). Putting the system into performance management systems: A review and agenda for performance management research. Journal of management, 44(6), 2209-2245.