Rancang bangun aplikasi Augmented Reality pengenalan tanaman obat keluarga

Authors

  • Fikri Faridah Sansiati Universitas Darussalam Gontor
  • Faisal Reza Pradhana Universitas Darussalam Gontor
  • Dihin Muriyatmoko Universitas Darussalam Gontor

Keywords:

Augmented Reality, tanaman obat keluarga

Abstract

Tanaman obat keluarga merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah lama ada. Masyarakat dan kalangan muda yang kurang pengetahuan mengenai tanaman obat merupakan alasan rancangan aplikasi ini dibuat. Augmented reality digunakan karena dapat memberikan pengalaman baru bagi penggunanya untuk mendapatkan informasi, disamping maraknya perkembangan augmented reality pada era ini. Marker-based augmented reality dipilih karena adanya harapan bahwa rancangan aplikasi ini dapat berkembang menjadi pengolahan terhadap tanaman obat agar dapat bermanfaat lebih banyak lagi.

References

Bebet, N., & Mindarti, S. (2015). Tanaman obat keluarga (TOGA). In Isbn: 978-979-3595-49-8 (Vols. 1–24, Issue 09).

Brata, K. C., & Brata, A. H. (2018). Pengembangan aplikasi mobile augmented reality untuk mendukung pengenalan koleksi museum. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 347. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853798.

Depkes RI. (2008). Farmakope herbal Indonesia. Farmakope Herbal Indonesia, 1–221.

Efendi, R. (2020). rancang bangun aplikasi augmented reality untuk deteksi pengenalan tanaman obat berbasis android.

Jafar Shodik, M., & Ardi Rahmadani, A. (n.d.). Implementasi augmented reality sebagai media informasi tanaman obat.

Kusuma Dewi, T., Zaliluddin, D., Raya Abdul Halim No, J. K., & Barat, J. (2021). Perancangan aplikasi pengenalan tanaman obat keluarga (toga) dan khasiatnya menggunakan augmented reality berbasis android. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer (Vol. 1, Issue 1).

Rahayu, S. L., & Fujiati, F. (2018). Penerapan game design document dalam perancangan game edukasi yang interaktif untuk menarik minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 341. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694.

Sommerville, I. (2011). Software engineering (9th ed.; Boston, Ed.). Massachusetts: Pearson Education.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022