Penerapan Teknologi 3 Dimensi Pada Media Edukasi K onservasi Alam Menggunakan Third-person Shooter

Authors

  • Faisal Reza Pradana Universitas Darussalam Gontor
  • Dihin Muriyatmoko Universitas Darussalam Gontor
  • Renaldi Mulya Purwa Wishesa Pemakalah

Keywords:

biotik, abiotik, Third-person shooter, Unreal engine 4, Gontor

Abstract

Alam merupakan ciptaan Tuhan yang di dalamnya terdapat kehidupan biotik dan abiotik, Indonesia memliki alam yang luas dan indah sehingga Indonesia disebut sebagai zamrud khatulistiwa, namun dibalik keindahan alam Indonesia masih banyak kerusakan alam yang terjadi yang dikarenakan fenomena alam hingga ulah manusia, ketidak berdayaan manusia untuk tetap menjaga alam berdampak buruk bagi kehidupan mulai dari bencana alam hingga pemanasan global, media edukasi ini bertujuan sebagai salah satu sarana pembelajaran terkait konservasi alam yang akan memvisualisasikan perbandingan alam yang terjaga dan alam yang tidak terjaga dan di dalamnya terdapat pengetahuan terkait konservasi alam itu sendiri. Media ini menggunakan teknologi 3 dimensi menggunakan third-person shooter dan menerapkan metode R&D dengan model ADDIE. Pengujian media ini dilakukan dengan cara memberi kesempatan bagi para pengguna untuk mencoba menggnakan media ini dan juga dengan mengisi kuisioner yang telah disebar, adapun hasil dari kuisioner dari para responden setelah menggunakan media ini menuai hasil positif, perhitungan hasil kuisioner dihitung menggunakan skala likert  dengan jumlah responden 35 orang dan hasil yang didapatkan adalah 71,4% responden menjawab sangat setuju dengan adanya media edukasi ini, 22,9% menjawab setuju, 5,7% menjawab cukup setuju.

Media ini dibuat menggunakan unreal engine 4 dengan total waktu pengerjaan 11 bulan, terhitung dari bulan desember 2021 sampai dengan november 2022 di Universitas Darussalam Gontor.

References

Christie, Y. A. (2013). PEMBANGUNAN PERUMAHAN (Studi Kasus di Perumahan Palaran City Oleh PT. Kusuma Hady Property). 2, 1–21.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. 2022. KLHK Gugat Dua

Perusahaan Pembakar Hutan dan Lahan di Kalimantan. [Internet]. [Diakses pada 19 Januari 2022]. Tersedia pada: https://www.menlhk.go.id/site/single_post/4616/klhk-gugat-dua-perusahaanpembakar-hutan-dan-lahan-di-kalimantan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. 2021. Gakkum KLHK Gerebek Lokasi Illegal Logging Di Kawasan Hutan Desa Mandara, Kalteng. [Internet]. [Diakses pada 19 Januari 2022]. Tersedia pada: https://www.menlhk.go.id/site/single_post/4360/gakkumklhk-gerebek-lokasi-illegal-logging-di-kawasan-hutan-desa-mandara-kalteng

Riskanita, D., & Widowaty, Y. (2019). Upaya pemerintah daerah mengatasi kerusakan lingkungan akibat alih fungsi lahan berdasarkan konsep negara kesejahteraan. Supremasi Hukum: Jurnal Penelitian Hukum, 28(2), 123–135. https://doi.org/10.33369/jsh.28.2.123-135.

Saputro, T. B., Puji, A., & Nurhayati, D. (2021). Program edukasi konservasi keanekaragaman hayati. (20), 137–145.

Wijaya, E. T., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2013). Perancangan komik digital berjudul “mimpi cho” dengan tema konservasi alam. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1–11.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022