Strategi adaptasi Cafe Ruang Ketiga dalam memasuki dunia resesi

Authors

  • Satriadi STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Aulya Arista Khasanah STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Dewi Artha Hutasoit STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Ersa Cahyu Marcelyna STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Gusmatumi STIE Pembangunan Tanjungpinang

Keywords:

UMKM, Stabilitas Ekonomi, Dunia Resesi

Abstract

Tahun 2022 adalah masa maraknya fluktuasi nilai sumber daya alam. Hal ini dipicu dengan adanya perseturuan antara Rusia dan Ukraina. Sektor bisnis mengalami penyusutan daya beli konsumen hingga kesulitan dalam memenuhi persediaan bahan mentah. Situasi tersebut memaksakan pengusaha untuk beradaptasi secara meminimalisir pengeluaran modal, merencanakan dan menggunakan berbagai sistem informasi sebagai media pemasaran,memprioritaskan kebutuhan pelanggan, dan beberapa aktivitas lainnya dalam menstabilkan kondisi ekonomi sebuah UMKM. Penelitian bertujuan untuk menganalisa situasi ekonomi pada Cafe Ruang Ketiga dalam beradaptasi pada dunia resesi. Dimana, akan bermanfaat dan dapat diimplikasikan oleh perusahaan lainnya dalam menghindari krisis ekonomi. Pengumpulan informasi didapatkan dengan proses wawancara (metode kualitatif).

References

Azizah, F. N., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM Untuk Meningkatkan Perekonomian Selama Pandemi Covid-19 Pada Saat New Normal. Journal of Economics, 46-62.

Dalimunthe, S., Susita, D., & Rahmi. (2021). Analisis SWOT sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan Kompetitif Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Pemberdayaan Komunitas, 87-95.

Drs. EC. Ahmad Zafrullah Tayibnapis, M. C. (2021). Kebangkitan UMKM di Indonesia. Surabaya & Jawa Timur: CV. Jakad Media Publisihing & Anggota IKAPI.

Fadli, Zahara, H., & Tambarta, E. (2020). Kendala Pemasaran Kopi Arabika Pada Masa Pandemi Covid-19 di Aceh Tengah. Jurnal Bisnis, 115-122.

Hartini, I. (2021). Stimulus Pemasaran Produk Kopi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 130-143.

Hatane, S. (2007). Perilaku Dan Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Melalui Stimulus 50% Discount di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran , 73-80.

Julianda, A., & Jamiat, N. (2021). Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dengan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada Sukahati Cafe di Cibinong, Kabupaten Bogor). Jurnal Ekonomi, 8803-8810.

Nugraha, R. V. (2019). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Informasi, Inovasi Proses terhadap Kinerja Operasi Perusahaan Coffee Shop di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi, 1-74.

Pramatatya, V., Najib, M., & Nurrochmat, D. R. (2015). Pengaruh Atmosfer Kedai Kopi Terhadap Emosi & Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 126-136.

Rachmasari, A. D., & Suprapti, N. W. (2022). Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis UKM Kedai Kopi. E-Jurnal Manajemen, 318-337.

Rasid, A. U. (2018). Analisis Profitabilitas Pada PT. Fast Food Indonesia tblk. Jurnal Ekonomi, 44-59.

Werthi, K. T., Sari, N. N., Putra, P. N., & Astuti, K. M. (2021). Digital Ekonomi Bisnis Untuk UMKM Denpasar Pada Masa Resesi Ekonomi . Jurnal Abdi Masyarakat, 36-41.

Downloads

Published

2022-12-22

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022