Pengelolaan keuangan dengan pembukuan sederhana di Desa Cucukan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah

Authors

  • Uum Helmina Chaerunisak Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Sri Lestari Yuli Prastyatini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yunita Adi Nabela Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

UMKM, Pembukuan Sederhana, Pengelolaan Finansial

Abstract

Pelaksanaan dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ini melibatkan para pelaku UMKM khususnya di dusun Gupolo, RT 03 dan 04/RW 02, Cucukan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Tujuan diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu memberikan informasi serta ilmu mengenai tata cara pembukuan dan pengelolaan finansial pada UMKM dalam mengelola usahanya tersebut. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi, dan pemaparan materi yang dilakukan melalui media zoom yang telah disediakan oleh tim. Materi yang disampaikan oleh tim pengabdi yaitu pembukuan sederhana dan strategi pengelolaan keuangan UMKM. Hasil dari kegiatan ini adalah para peserta memiliki strategi khusus dalam tata cara pembukuan yang sederhana dan pengelolaan finansial pada UMKM yang dimilikinya.

References

Ariningrum, H., & Alansori, A. (2021). Sosialisasi dan Pelatihan Mengenai Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 53–57. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1472.

Pratami, S., Yeni, Luzuami, S., & Putri, A. U. (2022). Sosialisasi Cara Pembukuan Laporan Keuangann Sederhana Bagi Pelaku UMKM Pada Toko Sembako Di Desa Alai Selatan Kecamatan Lembak, KaBupaten Muara Enim. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(September), 1280–1286.

Samongilailai, E., Wijayani, N. T., Rosidi, M., & Iskandar, R. (2021). Sosialisasi Pembukuan Sederhana Pada Usaha Kecil Menengah Dusun Kaute, Desa Taikako Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Sosial Dan Teknologi, 1(1), 11–15. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jpkmihttps://journal.amikveteran.ac.id/.

Downloads

Published

2022-12-07

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022