Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah

Authors

  • Faisal Reza Pradhana Universitas Darussalam Gontor
  • Jumhurul Umami Universitas Darussalam Gontor
  • Raka Umri Mahasiswa

Keywords:

Media Pembelajaran, Augmented Reality, Hijaiyah, Android

Abstract

Pada saat ini banyak dari teknologi yang banyak dikembangkan sebagai media pembelajran di berbagai macam tempat. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran Huruf Hijaiyah dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Langkah-langkah dalam pembuatan aplikasi ini dengan menggunakan metode waterdall, dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Media pembelajaran ini berbasis android dan dibuat menggunakan software seperti Unity 3D, Corel Draw dan Blender 3D. Aplikasi ini dapat dijalankan menggunakan Smartphone yang berspesifikasi minimum android versi OS 8.0 Oreo dengan RAM 4GB keatas dan hasil dari uji coba dari Guru 86,4% diminati maupun murid 95% diminati, menunjukan keksesuaian media pembelajaran ini dengan pengguna untuk anak-anak pemula dalam belajar huruf Hijaiyah, akan tetapi aplikasi ini hanya  untuk membantu guru maupun murid dan tidak akan bisa mengantikan peran guru yang sesungguhnya. Hasil pengujian ini menggunakan Black box yang menunjukan aplikasi ini berjalan dengan baik. Penelitian dengan teknologi Augmented Reality ini di harapkan dapat bermanfaat untuk membangun media-media pembelajaran di dalam lingkungan masyarakat, sekolah, madrasah dan tempat-tempat belajar lainya. Semoga dalam pengembagan kedepanya dapat memanfaatkan teknologi Augmented Reality dalam pembelajaran lainya

References

Ar, I. (2007) Augmented Reality, Augmented Reality, Augmented Reality, Ronald T Azuma, and Dalam Wikipedia. “Pengertian Augmented Reality”, no. 2007 (1997): 1–5.

Baretania, R., Setiawan, A., & Kom, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran jaringan komputer berbasis multi target augmented reality untuk meningkatkan pemahaman siswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Fakta, C E K, (2014). Histori stories, more video, kisah inspiratif, H O T Topics, and Edelweis Lararenjana. “Pengertian Media Pembelajaran Dan Jenis- Jenisnya, Menarik Diketahui Rekomenda Media Pembelajaran Memiliki Peranan Penting Sebagai Sarana Untuk Menyalurkan,” 2014.

Gusmida, R., Rahmad, M., & Islami, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan teknologi augmented reality pada materi teori kinetik gas SMA Kelas XI (Doctoral dissertation, Riau University).

Putra, M. F. S. (2021). Augmented reality sebagai media promosi transportasi kereta api berbasis android (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Ricky. (2021). Daftar Huruf Hijaiyah: Pengertian, harakat, penulisan, dan perannya.” Gramedia Blog, 2021, 1–17. https://www.gramedia.com/literasi/daftar-huruf-hijaiyah/.

Saidah, D. N. (2020). Penerapan media pembelajaran teknologi augmented reality pada aplikasi animal 4D+ untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris peserta didik pada kelas II SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Saputra, F. E., Sasmito, A. P., & Wahid, A. (2021). Pengembangan aplikasi pengenalan alat musik tradisional Jawa Timur menggunakan teknologi augmented reality berbasis android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(2), 452-459.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022