Optimalisasi komunikasi Tripusat Pendidikan di Era 4.0 melalui combook (communication book)

Authors

  • Ani Widyawati UST
  • Devi Septiani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Murniningsih Murniningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Haniek Farida Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Arif Bintoro Johan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/snhppkm.v1i1.516

Keywords:

Tripusat Pendidikan, Buku Komunikasi

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan baru bagi guru dan siswa mengenai pentingnya peran tripusat pendidikan dalam menjaga perkembangan diri siswa. Kegiatan ini dilaksanakan melalui platform online yang ditujukan bagi komunitas guru dan siswa di jenjang Pendidikan menengah pertama. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada guru, orang tua, dan siswa untuk lebih mengaktifkan komunikasi secara timbal balik dan rutin. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode yang menerapkan pendekatan Konstruktivisme dimana pada pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui pemberian materi di dalam kelas virtual menggunakan media Zoom meeting dan dikombinasikan dengan google drive, melalui metode ceramah, diskusi, pemberian contoh dan pengarahan pengisian yang dilanjutkan dengan pendampingan di SMP PMB 1 Pituruh. Materi kegiatan secara umum mengenai tri pusat pendidikan, perkembangan usia remaja, dan penggunaan buku komunikasi. Kegiatan selanjutnya dilakukan melalui layanan bimbingan pengisian buku komunikasi kepada peserta pelatihan agar waktu dan pelaksanaan dapat berjalan efektif dan efisien. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa, guru, dan wali murid serta masyarakat sekitar SMP PMB 1 Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah. Indikator keberhasilan kegiatan akan ditinjau melalui (1) kelancaran kegiatan webinar sosialisasi dan pendampingan; (2) kegiatan pelatihan dihadiri minimal 20 peserta. Hasil dari kegiatan ini adalah (1) guru, siswa, dan masyarakat memahami makna dan peran penting Tripusat pendidikan dalam kesuksesan belajar seseorang; (2) memahami bagaimana perkembangan pelajar khususnya di usia remaja; (3) mendapatkan ide baru untuk mengemas komunikasi aktif antara guru, orang tua siswa, dan masyarakat sekitar tempat tinggal siswa sehingga menjadikan kontrol sosial untuk pelajar dalam kesehariannya.

 

ABSTRACT

This activity is carried out with the aim of providing new knowledge for teachers and students about the importance of the role of the education tricenter in maintaining student self-development. This activity is carried out through an online platform aimed at the community of teachers and students at the junior secondary education level. Through this activity, it is expected to be able to motivate teachers, parents, and students to further activate reciprocal and routine communication. This activity is carried out using a method that applies a Constructivism approach where the implementation of the activity is carried out through the provision of material in a virtual classroom using Zoom meeting media and combined with Google Drive, through lectures, discussions, giving examples and directions for filling followed by mentoring at SMP PMB 1 Pituruh. The general activity materials are about three educational centers, adolescent development, and the use of communication books. The next activity is carried out through guidance services for filling out communication books to training participants so that time and implementation can run effectively and efficiently. The targets of this activity are students, teachers, guardians of students and the community around PMB 1 Pituruh Junior High School, Purworejo, Central Java. Indicators of activity success will be reviewed through (1) the smooth running of the webinar socialization and mentoring activities; (2) the training activities are attended by a minimum of 20 participants. The results of this activity are (1) teachers, students, and the community understand the meaning and important role of the education center in one's learning success; (2) understand how students develop, especially in their teens; (3) get new ideas to package active communication between teachers, parents students, and the community around the student's residence so as to make social control for students in their daily lives.

Downloads

Published

2022-12-05

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022