Pengembangan Instrumen HOTS Mata Pelajaran Fisika Pada Pokok Bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke

Authors

  • Uswatun Khasanah SMA N 1 Sedayu
  • Yuli Prihatni
  • Ayu Fitri Amalia

Keywords:

Instrumen Tes, High Order Thinking Skills (HOTS), Fisika, Validitas isi

Abstract

Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan instrumen berbasis HOTS mata pelajaran fisika pada pokok bahasan elastisitas dan hukum hooke. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan validitas isi dari instrumen tes berbasis HOTS yang sebelumnya telah disusun. Instrumen yang dikembangkan berupa 30 butir tes pilihan ganda. Analisis validasi isi dari lembar pengamatan menggunakan koefisien V Aiken. Hasil validitas dari para ahli kemudian dihitung menggunakan persamaan V Aiken yang dinyatakan 7 butir soal gugur dikarenakan memiliki indeks kurang dari 1.

References

Annisa, S., & Zakiyya, I. A. (2019). Analisis tingkat kesulitan soal HOTS pada ujian nasional matematika tingkat SMA/SMK di era distruptif.

Azwar, S. (2015). Tes Prestasi: fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Pustaka Pelajar.

Fajaruddin, S., Retnawati, H., Wijaya, T. T., Ramadhan, S., & Prihatni, Y. (2021). Alhamdulillah, butir pengembangan instrumen penilaian artikel jurnal ilmiah dikatakan valid oleh para rater. Measurement In Educational Research (Meter), 1(2), 89–96. https://doi.org/10.33292/meter.v1i2.156.

Mardapi, D. (2004). Penyusunan tes hasil belajar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Parama Publishing.

Rochman, S., & Hartoyo, Z. (2018). Analisis high order thinking skills (HOTS) taksonomi menganalisis permasalahan fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 78–88. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.268.

Downloads

Published

2022-12-07

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022