Menulis kreatif puisi pada media celengan melalui proses Tri-N

Authors

  • Die Bhakti Wardoyo Putro Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Widowati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Rochmiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Khuswatun Khasanah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

elementary school students,, Expressive Writing Therapy, poetry, creative character, Tri- N

Abstract

Penanaman nilai karakter kreatif perlu ditanamkan kembali bagi para siswa, khususnya siswa SD pada era new normal ini. Tahun ajaran 2022/2023, para siswa mulai pembelajaran 100% tatap muka. Adanya perubahan kondisi itu, ada tuntutan untuk lebih kreatif, baik bagi guru maupun siswa daripada saat pembelajaran secara daring. Karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menulis puisi pada media celengan melalui proses Tri-N. Media yang dipilih juga bertujuan untuk meningkatkan budaya menabung para siswa. Metode yang dilakukan dengan model ceramah dan Tri-N, tanya jawab, dan unjuk kerja. Selain itu, PkM ini juga menggunakan metode Expressive Writing Therapy untuk mengajarkan pada siswa dalam menuangkan emosi positif dalam diri melalui puisi. Lokasi Abdimas ini bertempat di Padukuhan Gadungan, Kepuh, Canden, Jetis, Bantul, DIY. Waktu kegiatan dilaksankaan pada Jumat, 12 Agustus 2022. Peserta PkM ini sebanyak 20 anak kelas VI, V, dan IV SD. Kegiatan PkM ini dilakukan pada saat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan kolaborasi antara dosen pembimbing lapangan (DPL), dosen, dan mahasiswa. Hasil yang dicapai adalah siswa mampu membuat karya menulis puisi pada media celengan melalui proses Tri-N.

Kata kunci: siswa SD, Expressive Writing Therapy, puisi, karakter kreatif, dan Tri-N

References

Leuwol, N. V., Wula, P., Purba, B., Marzuki, I., Brata, D. P. N., Efendi, M. Y., Masrul, M., Sahri, S., Ahdiyat, M., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan sumber daya manusia perguruan tinggi: sebuah konsep, fakta dan gagasan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Muhsin, H. (2021). Kampus merdeka di era new normal. Dalam: A. Muslihat dkk. Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen. 143. Bintang Visitama Publisher.

Putro, D. B. W., Rufaidah, D., Irawati, K. R., Novianingdyah, I., & Wulandari, A. (2021, October). Pembuatan hasil karya tempat pensil dengan niteni, nirokke, dan nambahi (tri-n) berdasarkan prosedur kegiatan. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 118-122).

Rahayu, S., & Rochmiyati, S. (2019). Penerapan Tri-N dalam buku teks siswa bahasa Indonesia untuk siswa SMP Kelas VIII Kurikulum 2013. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 2(2), 173-184.

Rochmiyati, S., & Putro, D. B. W. (2020). Penerapan Tri-N pada buku siswa bahasa indonesia viii dalam upaya meningkatkan keterampilan berbahasa. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(1), 48-55.

Wijayanto, A. (2021). Implementasi dan problematika merdeka belajar. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/yshk6

Downloads

Published

2022-12-05

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022