Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan dan pembiasaan di MAN 5 Kediri

Authors

  • Iqlima Zahari Universitas Dian Nuswantoro
  • Ery Mintorini Universitas Dian Nuswantoro
  • Ichwan Setiarso Universitas Dian Nuswantoro

Keywords:

pendidikan karakter, pembiasaan, keagamaan

Abstract

Implementasi pendidikan karakter di sekolah dan madrasah sudah menjadi hal wajib. Karena selain aturan, juga sebagai kewajiban lembaga pendidikan untuk mendidik siswa siswinya. Pembentukan karakter di sekolah/madrasah bisa dilakukan melalui pembiasan kegiatan keagamaan seperti sholat berjamaah, berdoa, mengaji Al Qur’an, bersalaman kepada guru, menghormati, peduli kepada sesama dan berakhlaq mulia. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui bagaimana MAN 5 Kediri melaksanakan pendidikan karakter yang dilakukan melalui kegiatan keagamaan atau pembiasaan.  Target yang ingin dicapai yaitu memberikan gambaran bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di MAN 5 Kediri, sebagai lembaga pendidikan selain kegiatan belajar mengajar juga mendidik siswa siswinya memiliki sikap yang baik, religius, berakhlaqul karimah selain pandai dalam IPTEK. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan, pendekatan kualitatif, sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing (verivication). Hasil penelitian yang didapat pembiasaan yang dilakukan di MAN 5 Kediri sebagai Implementasi Pendidikan karakter antara lain : siswa-siswi dibiasakan untuk bersalaman dengan bapak/Ibu guru, sholat dhuha, dhuhur dan ashar berjamaah, berdoa sebelum dan sesudah belajar, membaca Al Qur’an dan Asmaul Husna sebelum belajar, istighotsah/dzikir bersama, kegiatan kemanusiaan, kegiatan anjangsana (silaturrahmi), tausiyah/kajian keislaman dan praktek ubudiyah.

References

Anwar, C., Saregar, A., Hasanah, U., & Widayanti, W. (2018). The effectiveness of islamic religious education in the universities: The effects on the students' characters in the era of industry 4.0. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 77-87.

Bali, M. M. E. I., & Susilowati, S. (2019). Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Melalui Konstruksi Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 1-16.

Doni, K. (2010). Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta : Grasindo.

Jusuf, S,. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta : Kemendiknas

Laoly,Y,. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter”. Jakarta : Peraturan Presiden Republik Indonesia.

Lexy, M. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Royhatudin, A. (2018). Penguatan nilai-nilai pendidikan islam di sekolah dasar MALNU Pusat Menes. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2), 184-198.

Sari, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui kegiatan pembiasaan dan keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249-258.

Siddiqui, S., & Singh, T. (2016). Social media its impact with positive and negative aspects. International journal of computer applications technology and research, 5(2), 71-75.

Siti, Z,. (2015). “Implementasi Pendidikan Karakter dalam pendidikan Agama Islam di SD Gayamsarai 02 Semarang. Semarang : Skripsi: UIN Walisongo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Supranoto, H. (2015). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36-49.

Syafei, I., & Abdillah, A. (2020). Implementasi pendidikan karakter religius di SMP Hikmah Teladan Bandung. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 17-30.

Ulil, A, S,. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an. Jakarta : Rajawali Prees.

Yahya K,. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Diri, Yogyakarta : Pelangi Publishing.

Zubaedi,. (2011), Desain Pendidikan Karakter : Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-11-27

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022