Analisis prestasi belajar siswa SMP se-Kecamatan Adimulyo tahun pelajaran 2021/2022

Authors

  • Agustina Sri Purnami Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sri Adi Widodo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yunarti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

analisis, prestasi belajar, siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap masalah dasar yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa. Masalah penelitian terkait prestasi belajar siswa akan dianalisis berdasarkan guru dalam melaksanakan pola mengajar, minat membaca siswa, dan pola asuh orang tua terhadap anaknya. Metode penelitian yang akan dilakukan studi eksplorasi. Teknik pengambilan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan regresi ganda yang dilanjutkan dengan uji signifikansi persamaan garis regresi, dan uji korelasi parsial yang dilanjutkan dengan signifikansi, yaitu uji t. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat analisis, dan semua uji persyaratan analisis memenuhi untuk dilakukan uji regresi ganda dan korelasi parsial. Berdasarkan hasil uji regresi ganda pada tabel Coefficients(a), dapat diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut:

Y                =   16,583 + 0,219X1 + 0,097X+ 0,392X3  + 4,495

Nilai R = 0.760 dilanjutkan uji signifikansi. Hasilnya  menyatakan bahwa, nilai F = 96.380 dengan nilai sinifikansi 0.00, sig. kurang dari 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa pola mengajar guru, minat membaca siswa dan pola asuh orang tua secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Secara parsial, ketiga variable bebas memiliki pengaruh terhadap variable terikat, dapat dilihat dari nilai masing-masing sumbangan efektifnya. Sumbangan efektif variable pola mengajar guru, minat membaca siswa dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa berturut-turut sebesar: 25%, 0.4%, dan 32.4%.

References

Ary, D., Jacobs, L.C., & Razavieh, A. (1976). Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. (1982). Surabaya: Usaha Nasional

Cobb, P. (1994). Theories of Mathematical Learning and Constructivism: A Personal View. Paper presented at the Symposium on trends and perspectives in mathematics education, Institute for mathematics, University of Klagenfurt, Austria.

Freudenthal, H. (1991). Revisiting Mathematics Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Hitchcock, S., Carr, L., & Hall, W. (1996). A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html), diakses 12 Juni 1996

Jawa Pos. (22 April 1995). Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, page 3.

Kumaidi. (1998). Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id), diakses 20 Januari 2000

Pitunov, B. (13 December 2002). Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, page 4 & 11.

Prahmana, R.C.I. (2012). Pendesainan Pembelajaran Operasi Bilangan Menggunakan Permainan Tradisional Tepuk Bergambar Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD). Unpublished Thesis. Palembang: Sriwijaya University.

Prahmana, R.C.I. (2013). Designing Division Operation Learning in The Mathematics of Gasing. Proceeding in The First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) Conference 2013, 391-398. Palembang: Sriwijaya University

Prahmana, R.C.I., Hendrik, Sopaheluwakan, A, van Groesen, B. (2008). Numerical Implementation of Linear AB-Equation Model using Finite Element Method, Technical Report. Bandung: LabMath-Indonesia

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Russel, T. (1998). An Alternative Conception: Representing Representation. In P.J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science, 62-84. London: Routledge.

Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). (2002). Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Stacey, K. (2010). The View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 2 (2), 1-24. Palembang: IndoMS.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (1990). Jakarta: PT. Armas Duta Jaya

Wilson, D. (20 November 1995). Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu), diakses 22 November 1995

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Published Dissertation. Enschede: University of Twente.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022