Pentingnya strategi bersaing dan inovasi produk untuk meningkatkan kinerja pada Cafe 89 Degress

Authors

  • Michelle Malonda STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Dhea Azmarita STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Rahmanisa STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Jovi Saputra STIE Pembangunan Tanjungpinang

Keywords:

Strategi bersaing, Inovasi produk, Kinerja

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju dengan pertumbuhan UMKM yang semakin pesat membutuhkan beberapa strategi untuk UMKM bertahan menghadapi persaingan. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan UMKM, cafe 89 Degress yaitu sebuah cafe yang berada di Kota Tanjungpinang harus meningkatkan inovasi produknya dan juga menerapkan strategi untuk menghadapi persaingan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh strategi bersaing dan pengaruh perkembangan inovasi produk untuk meningkatkan kinerja karyawan pada cafe 89 Degress. Dalam penelitian kami menggunakan metode kualitatif jenis data yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara langsung.

References

Anita, S. Y. (2022). Analisis Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Pelaku UMKM Keripik Pisang di Jl. ZA. Pagar Alam). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 352. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3912

Cahyani, A. A., Mallongi, S., & Mahmud, A. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Makassar. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1), 219–232. https://doi.org/10.33096/paradoks.v4i1.768

Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.83-90

Rijanto, M. (2021). Analisis Strategi Bersaing Bisnis Home Industry. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 16(2), 227. https://doi.org/10.19166/derema.v16i2.3989

Suroso, B. H., & Sri Setyo Iriani. (2014). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Mie Sedap Cup. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 1174–1185.

Downloads

Published

2022-11-27

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022