Sistem informasi manajemen pendidikan melalui school information system (SIS) EDUNAV di SMP Semesta Bilingual Boarding School

Authors

  • Mulyanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Mundilarno Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Lukman Nul Hakim Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

sistem informasi manajemen, school information sistem (SIS) EDUNAV, peningkatan hasil belajar siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis1) penerapan sistem informasi manajemen pendidikan di SMP Semesta melalui SIS Edunav; 2 keberhasilan SIS Edunav dalam meningkatkan hasil belajar siswa; 3) apa faktor pendukung peberhasilan penerapan sisten informasi manajemen dalam pembelajaran. Tahapan penelitian meliputi kegiatan sebagaai berikut:  1) persiapan penelitian dengan kajian pustaka; 2) menyusun rancangan penelitian; 3) persiapan instrument penelitian; 4) pengambilan data penelitian; 5) analisis data; 6) penyusunan instrument karakter berbasis multicultural; 7) finalisasi instrument pembangunan karakter berbasis multicultural; dan 8) penyusunan laporan dan luaran. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan menemukan model yang telah berlaku, selanjutnya mengembangkan model sesuai dengan kebutuhan untuk pembelajaran. TKT yang diusulkan berdasarkan skema penelitian mencapai tkt 3, yaitu mengembangkan model teknologi sistem informasi manajemen yang dipakai di sekolah pendidikan kerjasama. Hasil penelitian ini adalah:1) Penggunaan model pembelajaran SIS Edunav dapat  berkontribusi terhadap  prestasi belajar siswa di SMP semesta Bilingual Boarding School pada tahun pelajaran 2021/2022.; 2) Penggunaan model  pembelajaran sistem edunav pada proses pembelajaran didukung oleh kebijakan sekolah yang meliputi pemenuhan akan sarana prasarana terutama terkait dengan ketersediaan jaringan internet, kompetensi sumber daya manusia terutama guru telah menunjukkan hasil yang sangat baik;3) Faktor pendukung Penggunaan model  pembelajaran sistem Edunav adalah supervisi dan komitmen yang sangat baik.

References

Gordon, D. (2013). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Palembang: Maxikomt.

J Juarman, H Susanto, R Kurnianto , Konsep Pendidikan Akhlak menurut Buya Hamka dan Ibnu Miskawaih serta Relevansinya terhadap Pengembangan Pendidikan Islam, JMP: Jurnal Mahasiswa Pascasarjana, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2020, 37-74

Kadek Martha Prayoga. (2020). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK) Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMP Sesuai Zonasi. Jurnal Media Manajemen Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Volume 2 No. 3 Februari 2020

Lantip Diat Prasojo. (2013). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta:UNY Press.

Mndzebele, N. (2013). Challenges Faced By Schools When Introducing ICT In Developing Countries. International Journal Of Humanities And Social Science Invention. Volume 2 Issue .

Puji Lestari. (2017). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di SMK Negeri Karang Pucung Kabupaten Cilacap. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Galuh Vol 5.

Republik Indonesia (2014). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: CV. Aneka Ilmu

Rochaety, E., Rahayuningsih, P., & Yanti, P.G. (2005). Sistem Informasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rusdiana, A Dan M. Irfan, (2014). Sistem Informasi Manajemen . Bandung: Pustaka Setia.

Sari, I. P. (2017). Pengaruh Keberhasilan Diri, Toleransi Akan Risiko, Dan Kebebasan Dalam Bekerja Terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 5. Https://Doi.Org/10.26740/Jepk.V1n1.P5-13

Susanto, Azhar, (2013). Sistem Informasi Akuntansi, Jakarata: PT. Lingga Jaya.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022