Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model PBL berbantuan LKPD SMP Negeri 8 Langsa

Authors

  • Nadia Nazira Universitas Samudra
  • Muhammad Zaki Universitas Samudra
  • Roni Priyanda Universitas Samudra

Keywords:

Problem Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa memalui model PBL berbantuan LKPD siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Langsa pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah One-Grup Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian kemampuan berpikir kritis yang jumlah 6 butir soal. Analisi data pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dengan perolehan sebagai berikut, indikator interpretasi sebesar 65,74% dengan kategori tinggi, analisis sebesar 56,94% dengan kategori sedang, evaluasi sebesar 57,17% dengan kategori sedang dan indikator infrensi sebesar 25,74% dengan kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan kemampan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Langsa pada kategori sedang.

References

Anwar, Muhammad. (2015). Filsafat Pendidikan. Makassar : PT Aditya Andrebina Agun

Badjeber, R., Purwaningrum, J. P., Studi, P., Matematika, P., Alkhairaat, U., Studi, P., Matematika, P., & Kudus, U. M. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1 (1), 36–43.

Karirn, Norrnaya. (2015). Kernarnpuan Berpikir Kritis Siswa dalarn Pernbelajaran Maternatika dengan Menggunakan Model Jucarna di Sekolah Menegah Pertarna. EDU-Mat Jurnal Pendidikan Maternatika, 3(1): 92-104.

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Musharafa.7(1). Januari 2018.

Salehha, O. P., Khaulah, S., & Nurhayati, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta didik Berbantuan Kartu Domino. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1).

Sari, W. P., & Ma’rifah, D. R. (2020). Pengembangan Lkpd Mobile Learning Berbasis Android Dengan Pbl Untuk Meningkatkan Critical Thinking Materi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi. 11( 2).

Suciati, E., Ratnawuri, T., & Dewi, T. A. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis soal higher order thinking skills (hots) pada materi koperasi SMA Muhammadiyah Pringsewu. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 14-25.

Suciati,E., Ratnawuri,T.,Dewi,T.A,. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Koperasi SMA muhammadiyah Pringsewu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. 1(1).

Umam, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 57-61.

Wati, Y. I. (2021). Pengembangan Instrumen Soal Matematika Berbasis PISA 2021 (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University, Semarang).

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022