Pengaruh nilai-nilai konsumsi terhadap Green purchase intention pada cope & resto Di yogyakarta

Authors

  • Ida Bagus Nyoman Udayana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ambar Lukitaningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Putri Dwi Cahyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Fransizka Ayu Kristiani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

nilai fungsional, nilai sosial, nilai emosional, green trtst, green purchase intention

Abstract

Bisnis makanan di Indonesia pada era globalisasi sekarang ini berkembang sangat pesat, mulai dari pedagang kaki lima hingga rumah makan kelas atas atau biasa disebut restoran. Perkembangan restoran ini juga didorong oleh masyarakat dimana masyarakat cenderung memilih makanan siap saji yang praktis dibandingkan harus membuatnya sendiri. Apalagi banyak bermunculan restoran keluarga yang menawarkan menu sehat dan rasa lokal dibandingkan dengan restoran junk food. Di Indonesia banyak restoran yang menjual makanan hanya untuk mengikuti perkembangan tren. Hal ini ditandai dengan seseorang lebih memilih makanan / minuman atau tempat yang sedang tren, tidak sedikit pula yang mengabaikan kebutuhan biologis hanya untuk sebuah tren.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai fungsional, nilai sosial, dan nilai emosional terhadap green purchase intention, melalui kepercayaan, pada usaha COPE & RESTO di Yogyakarta. Metode penelitian ini yaitu populasi penelitiannya adalah pengunjung Cope & Resto yang ada di Yogyakarta pada bulan Juni sampai dengan bulan September 2022. Adapun sampelnya sejumlah 150 responden. Teknik sampling menggunakan random sampling. Uji validitas dan reliabilitas data dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat. Selanjutnya dilakuan uji model dan uji hipotesis dengan menggunakan Amos v. 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai fungsional, nilai sosial dan nilai emosional berpengaruh positif signifikan terhadap green purchase intention. Selain itu peran variabel trust sebagai variabel intervening sangat menentukan peningkatan green purchase intention. Keterbatasan penelitian dan penelitian selanjutnya juga dibahas pada penelitian ini.

References

Baron, R. M., and Kenny, D. A. (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Strategic, and Statistical Considerations. Journal of personality and Psychology, Vol. 51(no. 6), pp. 1173 - 1182.

Dulger, M., Alpay, G., Yilmaz, C., and Bodur, M. (2016). How does learning orientation generate product innovativeness and superior firm performance? International Journal of Business and Economic Development., Vol. 4(No. 2), pp. 68 - 77. Retrieved from www.ijbed.org.

Dursun, T. (2015). He Effect Of Market Orientation On New Product Performance: The Role Of Strategic Capabilities. International Academy of Marketing Studies Journal., Vol. 19(No. 3), pp. 169 - 187. doi: 10.1108/14601061211192852

Fang Yulin, Israr Qureshi, Heshan Sun, Patrick McCole, Elaine Ramsey, and Lim, K. H. (2014). Trust, Satisfaction, And Online Repurchase Intention: The Moderating Role Of Perceived Effectiveness Of E-Commerce Institutional Mechanisms. MIS Quarterly 38(2), 407 - 427.

Ferdinand, A. T. (2014). Structural Equation Modeling in Management Research BP Undip - Undip Press.

Imam, G. (2011). Model Persamaan Bertingkat Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 210. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, ISBN: 979.704.233.2.

Ryoo, S. Y., and Koo, C. (2013). Green practices-IS alignment and environmental performance: The mediating effects of coordination. Inf Syst Front, Vol. 15 pp. 799 - 814

Wang, X., Wang, G., and Hou, W. C. (2016). Effects of Emotional Labor and Adaptive Selling Behavior on Job Performance. Social Behavior and Personality, 44(5), 801-814. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&AuthType=ip,shib&db=eoah&AN=39349863&site=ehost-live&scope=site&custid=ns003811.

Wisker, Z. L., and Poulis, A. (2015). Emotional Intelligence And Sales Performance. A Myth Or Reality. International Journal of Business and Society, Vol. 16(No. 2), pp. 185 - 200.

Yamoah, F. A. Y., Duffy, R. P., and Feame, A. (2016). Towards a Framework for Understanding Fairtrade Purchase Intention in the Mainstream Environment of Supermarkets. J Bus Ethics, Vol. 136 pp. 181 - 197.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022