Penerapan Green Halal Tourism Dalam Tinjauan Hukum Islam dan UU Kepariwisataan NO. 10 Tahun 2009 di Ponpes Darul Ittihad Kabupaten Bangkalan

Authors

  • Nur Sapputra Universitas Trunojoyo Madura
  • Mohammad Ali Hisyam Universitas Trunojoyo Madura

Keywords:

green halal tourism, tinjauan hukum Islam, pesantren Bangkalan

Abstract

Pesantren merupakan salah satu simpul sosial yang sangat penting di Bangkalan, oleh karena itu, industri pariwisata sangatlah penting untuk eksistensi dan strategis pesantren dengan beragam potensi yang dimilikinya. Green halal tourism dipandang dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap lingkungan, ekonomi, gaya hidup, sosial, dan budaya. Kini sudah mulai banyak usaha pelestarian lingkungan secara intens, salah satu pesantren yang sudah menerapkan perihal ini adalah Pondok Pesantren Darul Ittihad Desa campor, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan.Keberadaan halal tourism merupakan sebuah keniscayaan di tengah dinamika perkembangan di sektor pariwisata. Terminologi wisata dalam konteks Islam diperbolehkan sepanjang tidak keluar dari aturan yang ditetapkan oleh Allah SWT. Maka dalam konteks ini, pijakan wisata menurut hukum islam harus berpijak pada Al-Quran dan Hadist.Adapun penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, untuk data penelitian primer dan sekunder diperoleh dengan metode dokumentasi, wawancara, dan Focus Group Discussion. Selanjutnya untuk menemukan penerapan green halal tourism dalam tinjauan hukum Islam dan undang-undang kepariwisataan di Ponpes Darul Ittihad dari hasil analisis akan didesiminasi dengan melakukan FGD dengan pengasuh/ketua ponpes, santri, serta pelaku usaha pariwisata yang ada.

References

Nizar, Muhammad & Antin Rakhmawati. (2020). “Tinjauan Wisata Halal Prespektif Maqosidus Syariah Terkait Fatwa Dsn Mui Dsn-Mui No. 08 tahun 2016”. Jurnal Istiqro: Jurnal hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis, Vol. 6 (1).

Undang-undang, Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, BAB I, Pasal 1.

Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022