Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas di SMK N 3 Yogyakarta

Authors

  • Agustina Sri Purnami Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Mulyanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sri Adi Widodo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

profesinalisme, guru, PTk

Abstract

Guru sebagai tenaga professional, dalam menjalankan tugasnya wajib melaksanakan pengembangan keprofesian bekelanjutan. Sebagai tenaga professional guru wajib melakukan publikasi ilmiah berupa hasil penelitian atau gagasan ilmu bidang pendidikan formal. Kondisi mitra, SMK N 3 Yogyakarta saat ini sebagian besar gurunya banyak yang berhenti di jabatan dan pangkat tertentu. Mereka malas untuk maju ke jabatan dan pangkat selanjutnya. Masalah yang muncul karena guru sudah merasa nyaman dengan keadaan saat ini. Mereka enggan untuk maju, karena untuk maju diperlukan persyaratan, yang menurut mereka sulit untuk dilaksanakan. Persyaratan tersebut adalah melakukan publikasi ilmiah. Permasalahan dalam penelitian ini muncul setelah teridentifikasi kelemahan guru dalam publikasi ilmiah. Atas dasar masalah di atas, maka kegiatan pengabdianb kepada masyarakat ini akan memberi solusi. Solusi yang akan ditawarkan adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kegiatan publikasi ilmiah. Target yang telah dicapai dalam kegiatan ini, para guru di SMK N 3 Yogyakarta mampu melakukan kegiatan untuk memperbaiki pembelajaran, yaitu melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian ini nantinya dibuat suatu naskah karya tulis ilmiah yang akan dipublikasikan ke dalam forum ilmiah, seminar atau ke dalam jurnal nasional ber ISBN. Metode yang telah dicapai dalam pencapaian solusi dengan melakukan penyegaran tentang materi dan langkah-langkah PTK, sampai dengan penyusunan proposal, pendampingan dalam melaksanakan PTK, dan pendampingan dalam publikasi ilmiah.

References

Ahmad Said, A., 015. Kepemimpinan kepala sekolah dalam melestarikan budaya mutu sekolah. Tesis. Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang

Haris, A. (2013). Peranan Pendidik dalam Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Di Sekolah Menengah Kejuruan. Kiat Bisnis, 5(2). 99-111

Rahmat, A. & Kadir, S. 2017. Kepemimpinan pendidikan dan budaya mutu. Jogjakarta: Zahir Publishing.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022