Kreativitas dolanan anak dengan perspektif Ajaran Tamansiswa Tri N

Authors

  • Oktaviani Windra Puspita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Mukhlish Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ani Widyawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Widowati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sitti Jamiatul Usna Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yusrandi Jemmi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Kreativitas Dolanan Anak, anak sekolah dasar, ajaran tamansiswa, tri-n

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengenalkan kembali permainan tradisonal di tengah maraknya permainan modern dengan ajaran Tamansiswa Tri N di Dusun Jojoran Wetan, Kalurahan Triwidadi, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul. Metode pelaksanaan kegiatan tersebut adalah ceramah dan praktik,yaitu pengenalan terlebih dahulu mengenai permainan (aturan permainan) dan pemberian pengetahuan terkait permainan tradisonal berkaitan dengan ajaran Tamansiswa Tri N, setelah itu langsung praktik di lapangan.Model pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Blended Learning, yaitu dengan menggunakan dua media diantaranya online dan offline. Media online yang digunakan adalah Google Meet dalam penyampaian dan pra pembimbingan sebelum melaksanakan pendampingan belajar sedangkan media offline cara pendampingan kegiatan kreativitas dolanan anak dengan berbasisajaran Tamansiswa Tri N. Hasil pengabdian ini adalah mendapatkan respon positif, baik dari peserta maupun masyarakat setempat. Anak-anak bisa mengembangkan kebudayaan dengan mengenal dan bermain tradisional yang sudah dikembangkan, sehingga anak-anak mendapatkan pengetahuan baru tentang bagaimana menciptakan permainan yang kreatif dan tentunya mengandung nilai afektif, kognitif dan psikomotor.

References

Graham, C. R. (2004). Blended Lerning System: Definition, Current Trends, and Future Directions. Prihatni, Yuli. 2014. “Pendekatan Saintifik dalam Ajaran Ki Hadjar Dewantara”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. (Vo. 2 Nomor 1). Hal. 280-300.

Wendy Ary, dkk. 2019. Pendampingan Literasi Finansial Rumah Tangga Masyarakat Dusun Kawan Kabupaten Bengkayang, Jawa Barat. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022