Implementasi sertifikasi halal pada kuliner UMKM Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan

Authors

  • Nadiya Eva Diyah Anggun Riyanti Universitas Trunojoyo Madura
  • Moh. Karim Universitas Trunojoyo Madura

Keywords:

implementasi, Sertifikasi Halal, UMKM

Abstract

Pada umumnya setiap hal yang dilakukan memiliki tujuan, yang mana tujuan tersebut akan tercapai setelah dilakukannya kegiatan. Begitu pula dengan adanya penelitian ini juga mempunyai tujuan yang hendak dicapai. Adapun penelitian ini bertujuan agar mengetahui implementasi sertifikasi halal pada kuliner UMKM Kecamatan Burneh Bangkalan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi sertifikasi halal pada kuliner UMKM Kecamatan Burneh Bangkalan. Bukan hanya itu, penelitian ini juga diharapkan bisa memberi manfaat yang berupa pengetahuan dan pemikiran masyarakat luas dalam mewujudkan sertifikasi halal sesuai dengan ajaran Islam. Adapun penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara mewawancarai informan (pelaku UMKM) sebagai sumber informasi.

References

Afroniyati, L. (2014). Analisis ekonomi politik sertifikasi halal oleh Majelis Ulama Indonesia. JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik), 18(1), 37-52.

Nukeriana, D. (2018). Implementasi Sertifikasi Halal Pada Produk Pangan Di Kota Bengkulu. Qiyas: Jurnal Hukum Islam Dan Peradilan, 3(2), 154-165.

Wahyuni, Meila. “Persepsi Konsumen Musim Terhadap Sertifikat Halal”, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Skripsi Jurusan Ekonomi Islam.

Wawancara dengan bapak Ahmad selaku kepercayaan dari pemilik warung bebek prima pada hari Rabu 5 Oktober 2022

Wawancara dengan ibu Kesi selaku admin pada hari Kamis 27 Oktober 2022

Wawancara dengan bapak M.Sujono selaku owner dari bebek songkem pada hari Rabu tanggal 5 Oktober 2022.

Wawancara dengan ibu Ummi selaku owner pada hari Minggu 30 Oktober 2022.

Wawancara dengan Mbak Nia selaku pegawai di warung makan bebek tulen pada hari Rabu 5 Oktober 2022

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022